HAN Kabupaten Serang: Penuhi Hak-hak Anak

0
227 views

SERANG – Pemkab Serang menyelenggarakan peringatan hari anak nasional (HAN) di halaman Pendopo Bupati Serang, Rabu (18/9). Dalam momentum itu, dibuat komitmen untuk memenuhi hak-hak anak.

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang Tarkul Wasyit mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memenuhi hak-hak anak. Komitmen tersebut harus dilakukan oleh lintas OPD di Pemkab Serang.

“Kita harus senantiasa memenuhi hak-hak anak, kita tahu hak anak salah satunya adalah hak sipil. Makanya tadi kita bagikan kartu identitas anak (KIA). Termasuk hak-hak kesehatan yang secara umum sudah kita berikan, tinggal kita tingkatkan kualitasnya,” katanya.

Tarkul mengatakan, dalam perkembangan anak tidak terlepas dari peran serta keluarga. Lingkungan keluarga menjadi gerbang utama untuk pendidikan anak. Karena itu, pihaknya berupaya untuk melakukan penguatan ketahanan keluarga untuk mendorong pendidikan di dalam keluarga.

Tarkul menyebutkan, peran keluarga dalam mendidik anak ada berbagai hal. Di antaranya, peran agama, pendidikan, sosial, dan peran yang lainnya. (Rozak)