Hanura Resmi Usung WH-Andika Maju di Pilgub Banten

Grafis: Arya Bayu/Radar Banten

SERANG – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menjadi partai politik (parpol) pertama yang ‎menetapkan dukungan terhadap pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten. Hanura memastikan mengusung Wahidin Halim-Andika Hazrumy (WH-Andika) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017.

Sikap politik Hanura disampaikan Ketua DPD Hanura Banten Eli Mulyadi usai mengikuti rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura, Selasa (2/8) malam. “Hasil rapat pleno tim pilkada DPP Hanura dengan DPD Hanura Banten memutuskan untuk mengusung Wahidin Halim sebagai calon gubernur dan Andika Hazrumy sebagai calon wakil gubernur,” kata Eli kepada Radar Banten, tadi malam

Surat keputusan (SK) penetapan sudah ditandatangani Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum DPP Hanura merangkap Wakil Ketua Umum DPP Hanura Chaerudin Ismail dan Sekjen DPP Hanura Berliana. Menurut Eli, DPD Hanura Banten tinggal menyiapkan deklarasi mendukung pasangan Wahidin-Andika. “Insya Allah deklarasi akan dilaksanakan pekan depan berbarengan dengan kegiatan halalbihalal,” ungkapnya.

Eli menambahkan, dengan keputusan resmi DPP, Hanura menjadi partai politik pertama yang mengusung pasangan cagub/cawagub Banten. “Hanura konsisten menjalankan peraturan dan mekanisme penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, bahwa hanya yang mendaftar yang diusung Hanura,” jelasnya.

Keputusan Hanura mendukung pasangan Wahidin-Andika, kata Eli, telah melalui berbagai pertimbangan politik, salah satunya dengan melihat popularitas dan elektabilitas Wahidin-Andika yang cukup tinggi sehingga keduanya mampu melawan calon petahana Rano Karno. “Kami juga mempertimbangkan calon dari sisi track record, kompetensi, integritas, pengalaman dan prestasi di bidang pemerintahan, akademik, dan lain-lain. Pasangan yang kami usung ini ‎memenuhi persyaratan itu semua,” jelasnya.

Eli mengaku, Hanura sudah sepakat menjalin koalisi dengan Golkar, Demokrat, dan PKS. “‎Insya Allah menyusul partai lainnya untuk berkoalisi mendukung Wahidin-Andika. Mudah-mudahan Gerindra, PKB, dan yang lainnya ikut bergabung‎,” jelasnya.

‎Berdasarkan data tim penjaringan cagub/cawagub Hanura, Wahidin Halim dan Andika Hazrumy tercatat dalam daftar tokoh yang mendaftar di penjaringan Partai Hanura. Selain keduanya, tokoh lain yang ikut penjaringan di DPD Hanura yaitu‎ Mulyadi Jayabaya, Tb Haerul Jaman, dan Ahmad Taufik Nuriman.

Ketua DPW PKS Banten Miptahuddin mengatakan, DPW PKS Banten sudah menyodorkan pasangan WH-Andika ke DPP PKS untuk segera diplenolan. “Ya kita sudah (putuskan), WH-Andika,” ujar Miptah.

Fungsionaris Partai Gerindra yang menjabat Wakil Ketua DPRD Banten, Ali Zamroni mengatakan, rekomendasi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten 2017 yang akan diusung Gerindra akan ditetapkan secara serentak dengan daerah lain se-Indonesia paling lambat akhir Agustus. “Rekomendasinya satu paket dengan wakilnya. Ya antara minggu ketiga atau keempat bulan inilah. Tunggu saja,” ujarnya.

Disinggung apakah yang diusung WH-Andika, Ali Zamroni mengatakan bahwa nama itu memang sempat dibahas di DPD Gerindra Banten, tetapi belum diputuskan. “Nanti diputuskan dulu,” kilahnya. Namun Ali mengakui bahwa calon yang akan diusung dari eksternal Gerindra. “Ya kelihatannya sih begitu. Yang intens komunikasi ke kita kan ya Pak WH. Tapi belum, nanti kita bahas dulu,” jelasnya.

Menyikapi keputusan Partai Hanura, Sekretaris DPD Golkar Banten, Bahrul Ulum berharap, keputusan DPP Golkar segera keluar. “Kami yakin DPP Golkar pun tinggal menghitung hari untuk mengambil keputusan resmi memasangkan Pak Andika dengan Pak Wahidin‎,” katanya.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Banten, Media Warman mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada Partai Hanura yang sudah memilih WH-Andika. Berdasarkan koordinasi dengan Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan, kata Media, keputusan Partai Demokrat akan keluar dalam rapat pleno DPP Partai Demokrat Kamis (4/8). “Insya Allah menetapkan pasangan. Hasil survei juga sudah kami sampaikan ke DPP Partai Demokrat, dan tentu akan memberikan masukan bahwa partai lain sudah mengusung WH-Andika. Tentu kita tinggal mengikutilah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning saat dimintai tanggapannya terhadap keputusan DPP Hanura enggan mengomentari. “‎Gak ada komentar, terserah mereka saja,” kata Ribka melalui pesan singkatnya.

Terkait keputusan DPP PDIP soal calon pendamping Rano Karno, Ribka mengaku akan disampaikan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dalam waktu dekat. “Rencananya Bu Mega akan berkunjung ke Banten untuk menghadiri kegiatan halalbihalal sekaligus menyampaikan keputusan DPP soal pasangan cagub/cawagub yang akan diusung PDIP di Pilgub Banten. Tapi kelihatannya tidak akan ‎kekejar waktunya. Nanti akan saya infokan lagi kalau sudah ada kepastian,” jelasnya. (Deni S-Aditya R/Radar Banten)