Hanya Diikuti Satu Paslon, Mahasiswa Anggap Kaderisasi Partai di Lebak Gagal

0
770 views

LEBAK – Melihat pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018 di Kabupaten Lebak, pasangan petahana dipastikan menjadi pemenangnya. Lantaran Iti-Ade diusung oleh 11 parpol, yang diyakini akan menang telak.

Apalagi dalam kontestasi ini tidak ada lawan bagi petahana, setelah bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lebak Cecep Sumarno dan Didin Saprudin dari jalur perseorangan dinyatakan kandas oleh KPU Lebak, karena tidak memenuhi syarat pencalonan. Dan sudah dipastikan petahana akan melawan bumbung kosong.

Hal tersebut diungkapkan oleh ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) DPC Lebak Riansyah saat dihubingi Radar Banten Online, Kamis (11/1).

Ia mengatakan, perhelatan di Pilkada serentak tahun 2018 ini tidak akan seru, karena sudah dipastikan pasangan petahanalah yang akan menang, dengan diusung oleh 11 parpol. Apalagi dalam kontestasi ini langkah petahana melenggang, lantaran tidak adanya lawan.

“Saya menilai dengan munculnya calon tunggal ini, sistem dari kaderisasi parpol telah gagal, karena hampir semua parpol tidak berani bertarung atau mengusung kadernya untuk mencalonkan pada Pilkada tahun ini. Selain itu, pasangan Iti-Ade karena tidak ada lawan anggap saja sudah menang,” ujar Riansyah seraya tertawa saat menutup telepon selulernya.

Hal serupa dikatakan oleh mahasiswa dari Perguruan Tinggi Latansa Mashiro Revin yang menilai lemahnya sistem kaderisasi pada partai politik yang tidak mampu bertarung pada Pilkada serentak tahun 2018 ini. “Saya nilai sistem kaderisasi parpol gagal total pada Pilkada 2018 ini, lantaran parpol di Lebak saat ini hampir semua mengusung ke-hanya satu calon. Artinya tidak ada yang berani bertarung di perhelatan demokrasi Pilkada 2018. Sehingga perhelatannya tidak akan seru,” ungkapnya kepada Radar Banten Online, Kamis (11/1).

Jadi, lanjut Revin, pesta demokrasi pada Pilkada serentak tahun 2018 ini sudah bisa diprediksi siapa yang akan memimpin Kabupaten Lebak. “Partisipasi pemilihpun, saya nilai akan menurun,” terangnya. (Omat/twokhe@gmail.com).