Hanya Lima Perusahaan yang Salurkan CSR melalui CCSR Cilegon

Edi Suhadi
Kabid Analisis Penyuluhan dan Pembinaan Lingkungan pada BLH Kota Cilegon, Edi Suhadi.

CILEGON – Tingkat kepercayaan perusahaan masih sangat rendah untuk menyalurkan corporate social responsibility (CSR) melalui Cilegon Corporate Social Responsibility (CCSR) yang merupakan lembaga mitra Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Hal itu terbukti dari ratusan perusahaan yang ada di Kota Cilegon, saat ini baru hanya ada lima perusahaan yang sudah berperan aktif dalam pemberdayaan CSR melalui CCSR. Demikian dikatakan Kabid Analisis Penyuluhan dan Pembinaan Lingkungan pada BLH (Badan Lingkungan Hidup) Kota Cilegon, Edi Suhadi, Jumat (3/6).

“Ada 185 sekian perusahaan di Kota Cilegon ini dan baru lima perusahaan saja yang ikut serta dalam pemberdayaan CSR melalui CCSR yang dikelola oleh Pemkot Cilegon. Walaupun mereka (perusahaan) juga mempunyai program sendiri untuk menyalurkan CSR-nya secara langsung ke masyarakat,” ujar Edi.

Dijelaskan Edi, dari sejumlah perusahaan yang belum ikut serta dalam pemberdayaan CSR melalui CCSR Kota Cilegon itu, telah dilakukan pertemuan untuk membahas hal tersebut agar dapat bersinergi dengan CCSR yang dikelola oleh Pemkot Cilegon.

“Tanggapan para perusahaan sudah positif, tinggal di follow up pointnya agar dapat meningkatkan kepercayaan dalam pengelolaan CSR itu, dan yang kedua yaitu transparansi, dan terakhir yaitu adanya pertemuan secara rutin dalam konteks sosialisasi yang lebih intensif antara stake holder Pemkot Cilegon dan perusahaan,” katanya.

Dipaparkan Edi, terdapat tujuh program prioritas tahun 2015 dari CCSR Kota Cilegon yang antara lain sebagai berikut.

  1. Program Jamban Keluarga, data awal 13.188 Rumah Tangga Sasaran (RTS), target 300 RTS, progress 350 RTS, sponsor PT Krakatau Steel (KS), Bank bjb, dan PT Chandra Asri.
  2. Pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH), data awal 300 RTS, target 100 RTS, progress 35 RTS, sponsor PT KS dan Bank bjb.
  3. Penghijauan, progress 1, sponsor PT Sinar Mas.
  4. Bank Sampah, data awal 8, target 1, progress 1, sponsor PT Chandra Asri.
  5. Bantuan Kecamatan untuk siswa SD, data awal 977 orang, target 200 orang, progress 75 orang, sponsor PT KS.
  6. Isbat nikah, progress 100 pasangan, sponsor Bank bjb.
  7. Taman Kota, data awal 4 lokasi, target 4 lokasi, progress 1 lokasi, sponsor Bank bjb.

(Riko)