Harapan Warga, RT 04 Karangasem Seperti Taman

0
862 views

TAKTAKAN – Soal kekompakan, di RT 04 tak perlu ditanyakan lagi. Pemuda dan warganya aktif dan peduli dengan lingkungan. Dari menjaga keamanan, kebersihan, dan keindahannya. Perkampungan di RW 01, Lingkungan Karangasem, Kelurahan Pancur, Kecamatan Taktakan, ini bakal dibuat layaknya taman.

“Bukan hanya bersih dan aman saja, tapi ada penghijauan dan tanaman bunga,” kata Ketua Pemuda RT 04 Rido Dinata kepada Radar Banten, Rabu (8/7).

Lantaran banyak pekerja yang dirumahkan akibat pandemi virus corona, selalu ada pemuda yang mengurus tanaman sebagai penghijauan di RT ini. Mereka berinisiatif menyiram dan menanam tanaman yang layak tanam. “Kita lagi semai bibit bunga matahari,” ujar Rido.

Pemuda RT 04, lanjutnya, juga menanam pohon tomat, cabai, dan tanaman hias seperti pucuk merah. Sebagian tanaman ini sudah dipasang di pinggir jalan dan rumah warga. Sebagian lagi, masih proses pembibitan.

“Semuanya kita budi daya dari nol sampai masuk tahap tanam,” kata Rido.

Warga RT 04 juga bakal membuat kebun tanaman obat keluarga (toga). Rencana ini akan dilakukan setelah warga rampung menata lingkungannya. Saat ini, pemudanya masih membuat hiasan dari ban bekas dan bambu. “Kita targetkan selesai akhir Juli,” tegas Rido.

Ketua RT 04 Sapiin memastikan, kekompakan warga dan pemuda tetap terjaga. Tidak hanya karena ada Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Kekompakan warga ini terjalin sejak lama.

Konsep warga untuk mengubah lingkungannya menjadi seperti taman, menurut Sapiin, karena warga berniat untuk menjadikan RT 04 sebagai kampung wisata.

“Kita targetnya jangka panjang. Kalau sampai jadi juara LRLA, wah makin semangat,” ungkapnya. (mg06/don)