Harendong Punya Wahana Bermain Anak dan RTH

JAWILAN – Kini, lingkungan RW 04, Kampung Harendong, Desa Pagintungan, Kecamatan Jawilan, sudah dilengkapi wahana bermain anak dan ruang terbuka hijau (RTH). Warga bahkan berhasil memenuhi kriteria penilaian Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019.

Tim 10 juri LKBA dibuat kagum oleh semangat dan kerja keras warga Harendong. Wahana bermain anak di dekat taman kecil dan RTH di kampung itu dibangun di atas lahan seluas 200 meter persegi. Bahan baku pembuatan taman adalah dari limbah seperti ban bekas, botol mineral, dan ember. Wahana bermainnya berupa jungkat-jungkit.

“Kebersihannya bagus. Sekarang, warga juga sudah punya tempat rekreasi berupa taman dan RTH,” kata Dadi Hartadi, perwakilan tim 10 juri LKBA, kepada Radar Banten, Jumat (13/12).

Dadi menilai, lingkungan Harendong sudah mampu memenuhi kriteria penilaian sesuai arahan tim juri pada penilaian tahap pertama. Warga yang sebelumnya tidak melakukan pengolahan sampah, melalui kelompok sadar lingkungan, sudah mulai mengaktifkan inovasi berupa pembuatan kerajinan bunga untuk ruangan dari bekas kemasan air mineral.

“Walaupun belum diperjualbelikan, tapi sudah ada inovasinya,” kata Dadi.

Juri lainnya, Iptu Dadang, menambahkan bahwa keberhasilan warga Harendong bisa dilihat dari kategori kampung aman. Peralatan pos ronda sudah lengkap. Pemerintah Desa Pagintungan juga sudah membentuk kelompok pemuda sadar hukum.

“Penilaian kami untuk warga Harendong sih positif. Tinggal dipertahankan dan ditingkatkan lagi kebersihan dan keamanannya,” saran Dadang.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Pagintungan Hujaemah menyampaikan terima kasihnya kepada warga Harendong yang sudah kompak dan selalu semangat untuk membenahi kampung. Ia berharap, kerja keras warga itu mendapat hasil maksimal pada LKBA.    

“Walau tidak juara satu, dapat sepuluh besar pun sudah bangga,” katanya. (mg06/don/ira)