Harga Pertamax Naik, Sejumlah Masyarakat Beralih Ke Petralite

0
990 views
Ilustrasi. FOTO: dok JPNN.com

SERANG – PT Pertamina (Persero) telah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak Umum jenis Pertamax Series, Pertalite dan Dexlite sebesar Rp 300 per liter. Kenaikan tersebut seiring dengan kondisi harga minyak mentah dunia yang mengalami kenaikan.

Begitu juga di Banten. Mulai diberlakukan kenaikan pada pukul 00.00 WIB diseluruh SPBU Banten. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala bidang migas DPC Hiswana migas Banten M Amin, jika mulai malam ini diberlakukan tarif kenaikan harga.”Iya mulai malan ini, perliternya naik Rp300,” kata Amin dihubungi via messenger. Kamis (5/1)

Sementara itu, di tempat lain menanggapi kenaikan harga tersebut, salah satu warga pengguna pertamax, Ilham mengaku akan mulai beralih ke pertalite meski mengalami kenaikan harga yang sama.

“Iya saya sudah dengar pertamax mau naik, makanya saya mau pindah aja, karena spesifikasi bahan pertalite bagus dibawah premium, dengan oktan 92,” katanya

Ia juga mengatakan jika kenaikan Rp300 perliter mungkin tidak terlalu berisiko untuk pengendara. Kendati demikian ia mengkhawatirkan dampak dari kenaikan.”Biasanya kan kalau bahan bakar yang naik, kebutuhan pokok justru yang naik tinggi, nah ini gimana nantinya ya,” ungkapnya.

Warga lainnya, Nur mengaku dengan kenaikan harga BBM non subsidi tersebut akan ikut beralih dari pertamax ke bahan bakar jenis petralite untuk menghemat keuangannya. “Ya lumayan harganya beda lebih dari Rp 500 per liter, biasanya beli Rp 20 ribu dapet 2 literan lebih tapi sekarang kalau saya isi Pertamax paling juga ga selebih seperti dulu sebelum naik. Sekarang saya lebih mending beli pertalite ga jauh beda juga kualitasnya bagus di motor nya juga bersih selisihnya lumayan jauh,” katanya.

Untuk diketahui, harga Jual Eceran BBM per 5 Januari 2017 mulai pukul 00.00 WIB yg dijual oleh SPBU Wilayah Banten ke konsumen mengalami kenaikan. berikut harga baru per liter :

PREMIUM : Rp 6.550,-
PERTALITE : Rp 7.350,- (naik 300)
PERTAMAX : Rp 8.050,- (naik 300)‎
PERTAMAX TURBO : Rp9.050,- (naik 300)
PERTAMINA DEX : Rp8.400,- (naik 300).

(Wirda)