Harga Suzuki XL7 Mulai Rp230 Jutaan

0
2.056 views
Suzuki XL7 tipe Beta di dealer Suzuki Cilegon, Selasa (25/2).

CILEGON – Dealer Suzuki Cilegon pekan ini sudah memasarkan Suzuki XL7. Kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV) ini terdapat tiga varian dengan harga beberbeda. Yaitu Zeta Rp230 juta, Beta Rp246 juta, dan Alpha Rp267 juta. Semua tipe tersedia dalam transmisi manual dan matic.

“Varian XL7 merupakan harga yang terjangkau dibandingkan kompetitor dengan fitur yang lengkap,” kata Kepala Suzuki Cilegon Tubagus Samsul Maarif, Selasa (25/2).

Meski ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau di kelasnya, Suzuki XL7 hadir dengan tiga karakteristik utama, yaitu eksterior gagah, interior super nyaman, dan fitur-fitur kunci yang canggih. Produk yang tersedia untuk tujuh penumpang tersebut diluncurkan dalam rangka memperingati 50 tahun kehadiran Suzuki di Indonesia.

Salah satu fitur canggih yang ada di XL7 adalah smart e-mirror. Fitur yang hanya ada di varian Alpha ini merupakan spion tengah dengan fungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung. “Jadi bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna,” katanya.

Pada tipe Beta dan Zeta juga dilengkapi keyless push start stop button dan AC digital auto climate with heater, serta power outlet hingga baris ketiga. Untuk fitur keamanan, Suzuki XL7 dilengkapi fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, sensor parkir, dan kamera belakang. Untuk versi Beta dan Zeta mendapat fitur hill electronic stability programme (ESP) dan hold control (HHC) pada varian transmisi otomatis.

Untuk Suzuki XL7 dibekali mesin K15B DOHC, berkapasitas 1.462 cc. Tenaga yang dikeluarkan pun mirip, mesin Ertiga punya tenaga puncak 103 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di 4.000 rpm. Sedang mesin XL7 dibekali tenaga 103,3 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di 4.400 rpm.

Untuk memenuhi kualifikasi di berbagai medan, Suzuki XL7 mengusung ground clearance lebih tinggi dan dimensi lebih besar. Di atas kertas, XL7 punya ground clearance 200 mm. Sementara Ertiga sekitar 180 mm.

Ia menjelaskan, kehadiran XL7 melengkapi varian yang dipasarkan Suzuki. Sebelumnya, Suzuki tidak memiliki varian SUV seperti kompetitor. “Sekarang semuanya lengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen,” jelas pria yang akrab di sapa Iif ini.

Kehadiran produk terbaru ini mendapatkan respons positif dari konsumen. Setidaknya sudah ada delapan unit XL7 yang dipesan. “Ada dua unit yang sudah dikirim. Yang lain menyusul,” katanya.

Ia menargetkan, penjualan produk terbaru yang diluncurkan awal Februari 2020 tersebut bisa terjual sekitar 20 unit per bulan. Setiap bulan, Suzuki Cilegon menargetkan penjualan sekitar 60 unit untuk seluruh varian yang ditawarkan. 

Pihaknya juga menyediakan kendaraan untuk test drive bagi yang ingin mengetahui lebih detail kendaraan tersebut. “Jadi konsumen bisa merasakannya secara langsung,” katanya.

Ia berharap, varian XL7 bisa diterima oleh masyarakat sehingga meningkatkan penjualan Suzuki Cilegon. “Semoga terus direspons positif konsumen sehingga berpengaruh terhadap penjualan,” harapnya. (skn/aas)