Hari Bhayangkara, Cikulur Launching Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya

0
1.055 views

LEBAK – Musyawarah Unsur Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cikulur bersama Pemerintah Desa Sukaharja melaunching Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya di Kampung Langgana, Desa Sukaharja, Kecamatan Cikulur. Harapannya, kampung tersebut tangguh di bidang kesehatan, tangguh dalam pengembangan ekonomi, tangguh di bidang ketahanan pangan, dan yang lainnya.

Camat Cikulur Iyan Fitriyana mengatakan, launching Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya merupakan ikhtiar pemerintah dalam meningkatkan ketahanan masyarakat menghadapi wabah Covid-19. Kenapa yang dipilih Kampung Langgana, karena kampung tersebut paling sigap dalam penanganan Covid-19. Mulai dari penjagaan di pos cek poin, penerapan social distancing, dan disiplin menggunakan masker.

“Ikhtiar kita ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sehingga kita semua kuat dalam menghadapi pandemi corona,” kata Iyan Fitriyana kepada Radar Banten, Rabu (1/7).

Mantan aktivis masjid ini berharap momentum Hari Bhayangkara ke-74 dapat menjadi motivasi bagi masyarakat dalam menyukseskan program Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya. Sehingga ke depan, Kampung Langgana tangguh di bidang kesehatan, ketahanan pangan, pengembangan ekonomi, dan bidang lainnya.

“Kita akan mendorong masyarakat untuk menggelorakan budaya gotong royong. Melalukan penguatan ketahanan pangan keluarga dan meningkatkan budi daya ikan yang dapat membangkitkan ekonomi keluarga,” jelasnya.

Rencananya, Pemerintah Kecamatan Cikulur akan mengundang organisasi perangkat daerah (OPD) Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Perkebunan, dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian. OPD yang punya program pemberdayaan ekonomi masyarakat bisa diturunkan ke Kampung Langgana.

“Saya dan rekan-rekan akan berupaya maksimal untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” paparnya.

Kepala Desa Sukaharja, Kecamatan Cikulur, Ujang H. Basri mengapresiasi dukungan Muspika Cikulur dalam launching Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya. Dia dan masyarakat akan berupaya maksimal mewujudkan Kampung Langgana yang tangguh dan maju.

“Di sini banyak tokoh yang memiliki kontribusi terhadap bangsa dan negara. Bahkan, secara histori ketika pendiri NU KH Hasyim Ashari mengeluarkan resolusi jihad. Tokoh masyarakat di sini turun ke Jakarta untuk mempertahankan NKRI. Semangat tersebut yang harus diikuti anak-anak muda sekarang,” tukasnya.(Mastur)