Hari Ini, Banjir di Anyar Sudah Surut

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serang, Saefudin.

SERANG – Banjir yang dini hari terjadi di Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang dan Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, hari ini sudah surut dan warga sudah melakukan aktivitasnya seperti semula.

Menurut data yang dihimpun dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang hari ini, banjir yang kemarin setinggi 30-150 sentimeter tersebut sudah surut. Banjir itu mengakibatkan tiga rumah rusak berat, dua rumah rusak sedang dan sembilan rumah rusak ringan.

“Hari ini warga sudah bersih-bersih, membersihkan material pasca banjir kemarin,” kata Novi, operator Pusdalops BPBD Kabupaten Serang, saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (6/4).

Sementara itu, terkait bantuan yang diberikan untuk korban banjir, BPBD Kabupaten Serang mendata terdapat beberapa instansi yang memberikan bantuannya yakni Dinas Sosial, BPBD Kabupaten Serang, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Serang, dan pihak swasta yakni PT Krakatau Steel.

“Sementara yang kami data hanya itu yang memberikan bantuan berupa logistik dan makanan,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, saat menghadiri acara Prosalin Sehat BPJS Kesehatan di Puskesmas Ciruas, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serang Saefudin mengatakan, sejak kemarin pihaknya sudah menyiapkan satu posko bantuan. Dimana posko tersebut membantu dalam hal memberikan makanan kepada para korban banjir.

“Kita sudah memberikan bantuan, yakni dalam satu jam kita sudah dapat berikan bagi 2.000 orang. Selain itu, kita juga berikan bantuan berupa mie instan dan beras, kalau yang rumahnya tergenang, bisa makan di posko,” ungkapnya. (Wirda Garizahaq/risawirda@gmail.com)