Empat bapaslon walikota Serang sebelum mengikuti tes psikologi di RSU Dr Drajat Prawiranegara, Kota Serang, Minggu (14/). (Foto: KPU Kota Serang)

SERANG – Empat bakal pasangan calon (Bapaslon) Walikota Serang hari ini menjalani tes psikologi di Rumah Sakit Umum Dr Drajat Prawiranegara, Kota Serang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang Heri Wahidin menjelaskan, ada sejumlah aspek yang akan menjadi materi dalam tes hari ini, salah satunya emosional bapaslon tersebut.

“Yang jelas aspek kepemimpinan, nanti ketahuan karakternya orang ini, bagaimana saat mengahdapi maalah namanya pemimpin kan akan banyak hadapi masalah,” ujar Heri, Minggu (14/1).

Tes psikologi ini menurutnya merupakan salah saty dari sekian rangkaian tes kesehatan. Setelah tes ini selesai KPU akan memplenokan hasil dari seluruh rangkaian kesehatan.

“Besok penyerahan berita acara. Tapi hasil ini tidak bisa diinformasikan ke masyarakat karena hasil tes kesehatan itu informasi yang dikecualikan,” ujarnya.

Hasil tahapan tes kesehatan ini menentukan lanjut atau tidaknya bapaslon tersebut di Pilkada Kota Serang tahun ini. Jika hanya salah satu yang tidak lolos, sesuai aturan harus diganti, namun jika keduanya yang tidak lolos maka tidak bisa melanjutkan tahapan Pilkada.

“Mislanya yang gak lolos bakal wakilnya atau walikotanya, nah itu diberi kesempatan buat cari gantinya,” papar Heri.

Rangakain tes bapaslon sendiri akan terus berlangsung hingga Februari mendatang. 12 Februari KPU akan mengumumkan bapaslon yang lolos, dan 13 Februari akan dilakukan pengundian nomor urut. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)

BAGIKAN