Hari Ini Diprediksi Sebagai Puncak Curah Hujan di Banten

0
896 views

SERANG – Hujan yang terjadi dini hari hingga pagi hari ini (21/2) di sebagian Provinsi Banten, khususnya Kota Serang, ternyata merupakan pengaruh dari puncak curah hujan yang sudah diprediksikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas IA Serang, Tri Tjahjo menyebutkan memasuki akhir bulan Februari ini merupakan puncak curah hujan pada perpanjangan musim hujan tahun lalu.

“Puncak musim hujan ini juga terjadi akibat dinamika atmosfer tumbuh badai tropis alferd di sekitar Teluk Carpentaria di Australia. Jadi massa udara akan tertarik ke sana,” katanya saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (21/2).

Sementara itu, lanjut dia, potensi puncak musim hujan kali ini akan berlangsung hingga bulan Maret, kemudian diganti oleh musim pancaroba di bulan April. Sedangkan daerah yang terkena dampak pada saat puncak musim hujan tersebut antara lain Pulau Jawa, Provinsi Banten, Sumatera bagian Utara dan NTT.

“Potensi hujannya bervariasi yaitu ringan sedang dan lebat, namun intensitasnya sering bahkan lama. Hal itu dikarenakan pagi hari itu pemanasan dari sinar matahari kurang, jadi penguapannya juga kurang maka dari itu sebagian besar hujan akan turun di malam sampai pagi hari,” ujarnya.

Sedangkan pada puncak musim hujan kali ini, tinggi gelombang di Selat Sunda bagian Selatan dan Selat Sunda bagian Utara masih dianggap normal yakni Selat Sunda bagian Selatan mencapai 2,5 meter, dan Selat Sunda bagian Utara mencapai 0,5-1/4 meter.

“Yang kami imbau untuk wilayah Banten Selatan, yang masih banyak bukit-bukit yang berpotensi longsor dan banjir,” ungkapnya. (Wirda)