Hari Ini Hujan Deras Berpotensi Terjadi di 18 Daerah, Banten Termasuk

0
170
ILUSTRASI/GUSTI AMBRI/KALTIMPOST

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan untuk 18 wilayah bakal menguat hari ini (25/10).

Daerah tersebut antara lain, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

’’Untuk kondisi seminggu kedepan akan kami terus pantau. Tapi yang jelas sampai 25 Oktober hujan diperkirakan deras di wilayah-wilayah tersebut,’’ ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S. Swarinoto, seperti dilansir JawaPos.com.

Menurut data BMKG, prediksi curah hujan akan terus meningkat selama beberapa bulan kedepan.

Memang, intensitas La Nina lemah diprediksikan akan meluruh pada Desember 2016. Namun, Dipole Mode justru menguat sehingga curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia akan meningkat.

Dipole Mode sendiri merupakan fenomena akibat perbedaan anomali suhu permukaan laut (SPL) antara Samudera Hindia tropis bagian barat dengan Samudera Hindia tropis bagian timur yang menyebabkan awan hujan lebih banyak terbentuk.

Akibatnya, kejadian hujan ekstrem diprediksikan akan meningkat selaras dengan potensi banjir, longsor dan puting beliung. (bil/sam/jpnn)