Hari Ini KPU Banten Lakukan Rekapitulasi Suara Pilgub

0
452 views

SERANG – Hari ini,  Minggu (26/2) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten akan melakukan rekapitulasi hasil suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten di Hotel Royal Krakatau Cilegon. 

Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna menjelaskan,  Pleno akan dilakukan pada pukul 10 pagi ini. “Nanti tekhnisnya per kabupaten kota menyampaikan hasil pleno di masing kabupate  kota,” ujar Agus. 

KPU membatasi pihak yang bisa menyaksikan langsung rapat pleno rekapitulasi tersebut.  Untuk setiap Paslon,  KPU hanya memberikan jatah empat orang untuk menjadi saksi. “Karena nanti ada perwakilan masyarakat,  dan Polda Banten juga, jadi kita batasi,” katanya. 

Setelah rekapitulasi selesai,  lanjut Agus,  KPU akan membuat Surat Keputusan (SK) Penetapan Hasil Rekapitulasi,  namun surat tersebut akan dibuat dan diumumkan penetapan pemenang jika tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Tiga hari setelah proses peetapan hasil suara, kesempatan untuk mengajukan guga an ke MK. Selanjutnya kita tunggu surat dari MK apakah ada arau tidak yang mengajukan gugatan,  kalau tidak, kita umumkan,” katanya. (Bayu)