Hari Ini, Pendaftaran Caleg Dibuka

SERANG – KPU Provinsi Banten dan jajarannya di kabupaten kota mulai hari ini (4/7) secara serentak membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD provinsi dan kabupaten kota.

Jadwal pendaftaran ini sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019. Pendaftaran caleg lebih awal dari pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Menurut Ketua Divisi Teknis KPU Banten Masudi, sebelumnya partai politik diminta untuk meng-upload dokumen-dokumen syarat pencalonan ke sistem informasi pencalonan atau silon. “Mulai besok (hari ini-red) sampai 17 Juli mendatang, pendaftaran wajib menyertakan seluruh dokumen syarat pencalonan dan syarat calon dari masing-masing parpol,” kata Masudi kepada Radar Banten, Selasa (3/7).

Dijelaskan Masudi, selama 4-16 Juli pendaftaran mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB, sedangkan pada 17 Juli pendaftaran akan berakhir pada pukul 24.00 WIB.

Ditanya tentang syarat calon, Masudi menjelaskan, syarat calon diatur dalam Peraturan KPU tentang Pencalonan DPRD. Dalam ketentuan itu terdapat syarat berupa surat keterangan tidak pernah dipidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah mendapatkan kekuatan hukum tetap, yang diancam pidana penjara lima tahun atau lebih. “Kecuali mantan terpidana yang telah selesai menjalani masa pemidanaannya, bukan sebagai pelaku kejahatan yang berulang dan bersedia secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik, atau terpidana karena kealpaan ringan atau karena alasan politik yang tidak menjalani pidana dalam penjara, dan bersedia secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik,” ujarnya.

Masudi berharap, parpol calon peserta pemilu memanfaatkan waktu pendaftaran sedini mungkin. “Dimohon tidak di injury time agar parpol tetap punya waktu jika ada dokumen yang butuh diperbaiki dengan segera meskipun ada masa perbaikan nanti,” pungkas Masudi.

Ketua KPU Banten Wahyul Furqon mengatakan, pendaftaran caleg wajib menggunakan teknologi informasi yang telah disediakan KPU, yakni Silon. Sementara, pendaftaran calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggunakan aplikasi Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP), pendaftarannya dibuka 9-11 Juli. “Parpol peserta pemilu dan bakal calon anggota DPD RI telah diberikan bimbingan teknis terkait penggunaan aplikasi Silon dan SIPPP,” ujar Wahyul.

Wahyul meminta peserta pemilu untuk tidak menunda pendaftaran bakal caleg. “Kami harap diproses di awal waktu agar tidak ada alasan belum mengetahui Silon,” katanya.

Berdasarkan data KPU, ada 16 partai politik (parpol) yang sudah ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019 yang berhak mendaftarkan bakal caleg untuk DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten kota.

Sementara itu, berdasarkan data KPU Provinsi Banten, jumlah kursi di delapan kabupaten kota se-Banten sebanyak 385. Perinciannya, Kota Cilegon 40 kursi (pemilu 2014 hanya 35 kursi), Kota Serang 45 kursi, serta masing-masing 50 kursi untuk Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang. Sementara, DPRD Provinsi Banten tetap 85 kursi. Dengan demikian, total ada 470 kursi untuk DPRD tingkat I dan II.

Sementara, DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Banten sebanyak 22 kursi, dengan perincian dapil Banten I (Lebak-Pandeglang) enam kursi, Dapil Banten II (Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon) enam kursi, dan dapil Banten III (Tangerang Raya) sepuluh kursi. (Deni S/RBG)