Hari Ini, Umat Hindu Banten Lakukan Sedekah Bumi dan Pawai Ogoh-ogoh

SERANG – Halaman Pura Eka Wira Ananta di lingkungan Taman Kopassus, Kota Serang, pagi ini mulai dipadati oleh umat Hindu dari seluruh wilayah di Provinsi Banten. Mengenakan pakaian putih dan ikat kepala, rombongan umat Hindu turun dari kendaraan dengan disambut suara gamelan serta lantunan doa.

Pantauan Radar Banten Online di lokasi, umat Hindu mulai mendatangi pura tersebut untuk menjalani ritual Tawur Kesanga atau sedekah bumi sekira pukul delapan pagi. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi, ada juga yang menggunakan bus.

Di sela-sela persiapan ritual, Ketua Panitia Perayaan Nyepi Tahun Saka 1939 I Nyoman Wara menuturkan, pagi ini hingga pukul 12 siang umat hindu akan menggelar ritual sedekah bumi yang terdiri dari pembacaan rangkaian doa-doa. “Nanti akan ada ritual taburnya juga, itu sebagai simbol syukur, sedekah bumi,” ujarnya kepada Radar Banten Online, Senin (27/3).

Setelah ritual sedekah bumi, selanjutnya, umat akan melakukan pawai Ogoh-ogoh atau boneka besar. Ada sekitar delapan boneka dengan berbagai ukuran besar yang siap dipapah.  “Pawainya nanti sekitar jam setengah dua,” ungkapnya.

Sebelumnya, kemarin, umat Hindu melakukan ritual Melasti atau sedekah laut di pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang. Melasti, tabur atau sedekah bumi, dan pawai Ogoh-ogoh merupakan rangkaian dari peringatan Hari Raya Nyepi. (Bayu)