Hari Kedua Berakhir, Saling Salip Diakhiri Keunggulan Tipis WH-Andika

0
563 views
Hasil sementara perolehan suara real count

SERANG – Hari kedua pasca pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dua pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Banten bersaing ketat dalam perolehan suara dalam real count Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Aksi salip menyalip perolehan suara pun terjadi. Setelah sebelumnya hasil real count sementara di puncaki oleh pasangan Rano Karno dan Embay Mulya Syarief, hari ini, pada pukul 11:45 WIB posisi puncak berhasil direbut oleh pasangan Wahidin Halim (WH) dan Andika Hazrumy dengan raihan suara 50,25 persen, sedangkan Rano-Embay meraih suara 49,75 persen berdasarkan hasil scan C1 dari 5.514 TPS atau 33,34 persen dari seluruh TPS yang ada.

Selepas itu, saling kejar mengejar raihan suara pun terjadi, kedua tim sempat berada dalam posisi imbang, yaitu sama-sama meraih suara 50 persen hingga pada pukul 15.20 WIB posisi puncak kembali direbut oleh pasangan Rano-Embay dengan suara 50,02 persen, sedangkan WH-Andika berada tipis dibawah pasangan nomor urut dua tersebut dengan raihan suara 49,98 persen. Dalam kesempatan ini, posisi suara yang telah masuk berasal dari 8.157 TPS dari 16.540 TPS atau 49,32%.

Jarak persaingan kedua pasangan calon tersebut berdasarkan pantauan tidak terlalu jauh, seiring bertambahnya laporan perolehan suara dari TPS, perubahan pun mengikuti kendati tidak terlalu signifikan.

Saling kejar mengejar raihan suara sementara pada real count KPU pun berakhir dengan posisi puncak diduduki oleh pasangan WH-Andika. Pantauan Radar Banten Online pada Kamis (16/2) pukul 00.00 WIB, pasangan nomor urut satu tersebut meraih suara sementara sebanyak 50,79 persen, sedangkan Rano-Embay sebesar 49,21 persen. Dalam waktu hitungan menit jumlah tersebut pun berubah namun tetap dengan posisi puncak ditempati oleh WH-Andika.

Sebelumnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten Agus Supriyatna mengatakan, raihan real count KPU yang dipublikasikan di website pilkada2017.kpu.go.id akan terus berubah seiring dengan bertambahnya laporan dari TPS. “Data-data ini terus bergerak, dan saling kejar. Kita target penghitungan akan selesai selama tiga hari terhitung sejak kemarin,” ujar Agus Supriyatna, Kamis (16/2).

Ia menjelaskan, proses penghitungan manual resmi dari KPU Banten akan dilakukan dari tanggal 25 hingga 27 Februari mendatang. “Ini kan untuk memberikan informasi cepat kepad masyarakat saja, finalnya nanti akan kita lakukan rekapitulasi manual,” ujarnya. (Bayu)