Hari Keempat, Belum Ada Partai yang Mendaftar di KPU Kota Serang

0
92
Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin

SERANG – Hingga hari keempat pendaftaran peserta Pemilu 2019 di KPU Kota Serang, belum ada satu pun partai politik yang mendaftar.

Hanya ada dua parpol yang datang ke KPU Kota Serang, yakni Partai Republik dan Partai Garuda. Itu pun baru sebatas konsultasi.

Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin mengatakan sampai hari keempat belum ada yang mengisi pendaftaran. Berdasarkan analisanya, kosongnya parpol yang mendaftar lebih pada menyempurnakan jumlah KTP dan KTA, karena tiap parpol baik lama maupun baru wajib menyerahkan foto kopi KTA-KTP.

Meskipun demikian, kata Heri, tren pendaftaran partai politik selalu ramai pada tenggat waktu penyerahan persyaratan.

“Kami sudah imbau saat bimtek, kalau bisa jangan pada masa akhir pendaftaran. Karena, penyerahan KTP harus kami hitung. Kalau waktu mepet tidak ada masa perbaikan, rugi sendiri,” terang Heri di Kantor KPU Kota Serang, Jumat (6/10).

Dikatakannya, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2011 bahwa mulai tanggal 3 sampai 16 Oktober 2017 itu masa pendaftaran partai politik.

Minimal, jelasnya, parpol mendaftar tiga hari menjelang penutupan tanggal 16 Oktober agar proses pengecekan bisa terdeteksi oleh KPU bilamana berbeda angka. Kemudian, parpol bisa merevisi perbedaan itu.

Dalam Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2011 Pasal 11 ayat tiga, yang wajib diserahkan pada KPU oleh parpol adalah daftar nama dan alamat anggota parpol. Dibuat dalam lampiran 2 model F2 parpol, berisi KTA yang disusun per kelurahan per kecamatan, yang dilampirkan dengan bukti salinan KTP atau Suket.

“Minimal satu per seribu jumlah penduduk. Kota Serang ini kurang lebih jumlahnya 630.000 orang. Jadi parpol pada saat nanti menyerahkan KTA dan KTP minimal satu per seribu atau 630 KTA,” ucap Heri. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)