Kementerian Lingkungan Hidup memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di Car Free Day (CFD), Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (21/2). Bertajuk ‘Revolusi Mental, Indonesia Bebas Sampah’ yang diikuti sekitar ratusan orang, membersihkan sampah di area tersebut.

Namun, acara itu tak hanya digelar di Jakarta. Kata Menteri KLH Siti Nurbaya, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional juga digelar di sejumlah daerah. “Ada Makassar, Bandung, Balikpapan, dan Surabaya bersama kita,” ujarnya, dilansir JawaPos.com. ‎

Karenanya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi acara tersebut. “Jokowi ucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada seluruh komunitas jumlahnya tidak kurang 800 komunitas yang melakukan gotong royong menjaga kebersihan,” ucap menteri dari NasDem itu.

Katanya, Jokowi berpesan agar pemerintah pusat hingga daerah serius terhadap masalah sampah. ‎”Pesan Jokowi, untuk semua kota, pemda, pemkot, pemprov, kita lakukan pengurangan dan penanganan sampah,” ucap Siti. ‎‎

Bentuk nyatanya, pemerintah mendorong untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Akan dikenakan biaya bagi pengguna kantok plasti ketika dia berbelanja. “Tidak boleh gratis lagi. Dengan demikian, pemerintah memfasilitasi dan mendukung,” tegasnya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan menambahkan, pemerintah mengembalikan konsep seperti masa lalu. “Ketika belanja, bawa tas sendiri,” ucapnya. (JPG)