Hari Pertama Diperiksa BPK, Rano Langsung Datangi DPPKD

Rano Karno
Gubernur Banten Rano Karno saat ditemui di depan kantor DPPKD Provinsi Banten, Selasa (2/2/2016). (Foto: Bayu Mulyana)

SERANG – Setelah menerima kedatangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten, Gubernur Banten Rano Karno langsung menyambangi Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten, untuk mengetahui sejauh mana penyelesaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2015.

“Ini kan hari pertama, yang diperiksanya juga masih pendahuluan, yah semoga tahun ini bisa lebih baik. Kita sudah siapkan 141 tenaga akuntan yang faham soal sistem akuntansi akrual, memang belum ideal jumlahnya, tapi semoga bisa lebih baik,” papar Rano saat ditemui di depan Kantor DPPKD Provinsi Banten, Selasa (2/2/2016).

Rano melanjutkan, pantauan penyelesaian LKPD ini akan terus dilakukan hingga batas akhir penyerahan LKPD pada bulan Mei mendatang. “Pantauan terus jalan, kita berusaha agar opini (BPK) bisa meningkat,” kata Rano.

Sementara itu, Kepala DPPKD Provinsi Banten, Nandy S Mulya belum bisa berkomentar banyak terkait LKPD Provinsi Banten Tahun Anggaran 2015 tersebut. “Ini kan masih awal, laporan terus kita selesaikan, nggak usah dulu yah, saya mau mendampingi tim teknis dari BPK terlebih dahulu,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Inspektorat Provinsi Banten, Takro Jaka Rooseno mengungkapkan sejauh ini proses penyelesaian LKPD berjalan baik. “Kendala pasti ada, tapi silakan tanya ke akuntan (untuk mengetahui) lebih jelas kendalanya. Yang jelas agar LKPD ini selesai dengan baik, kami akan berusaha keras sesuai instruksi gubernur,” ujarnya. (Bayu)