Hari Pertama Masuk Sekolah, Perkenalan dan Ambil Tugas

SERANG – Tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai hari ini, Senin (13/7). Sejumlah sekolah menerapkan beragam kebijakan. Ada yang menggelar pertemuan tatap muka antara guru dan siswa, ada juga yang hanya mengundang orang tua siswa untuk mengambil tugas sekolah.

SDN Kadumerak 1, Kabupaten Pandeglang salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran tatap muka. Emay Mutiasari, guru SDN Kadumerak 1 mengatakan, siswa didatangkan ke sekolah dalam rangka pengenalan lingkungan sekolah dan guru. Pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai arahan pemerintah. Seperti mencuci tangan dan dicek suhu tubuh sebelum masuk sekolah. “Kelas kami bagi dua untuk menjaga jarak atau physical distancing dari 28 siswa dalam satu kelas menjadi masing-masing kelas 14 siswa,” kata Emay.

Selain itu, lanjut Emay, baik siswa, guru, maupun orang tua siswa diwajibkan mengenakan masker. “Orangtua siswa hanya menunggu di luar kelas,” terangnya.

Emay menambahkan, karena bersifat perkenalan, maka pembelajaran tatap muka hanya digelar satu hari saja. “Selanjutnya 14 hari ke depan siswa belajar di rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, hari pertama masuk sekolah dasar di Kota Serang, Senin (13/7) orang tua dan siswa datang ke sekolah untuk mengambil masker dan tugas. Tidak ada proses Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan tak ada proses belajar tatap muka. 

Informasi yang dihimpun Radar Banten di SDN 3 Ciceri, Serang. Sejak pukul 07.00 WIB orang tua dan siswa baru tiba di Sekolah. Mereka sengaja datang ke sekolah untuk mengambil tugas dan masker. Sekira pukul 09.00 WIB sekolah kembali lenggang. Terlihat, guru dan staff sekolah tetap berada di lingkungan sekolah.

Berbeda dengan Kota Cilegon. Di Kota yang terkenal dengan julukan Kota Baja ini masih melakukan sistem daring di awal tahun ajaran baru. Hal itu terlihat di SDN Kedaleman I Kecamatan Cibeber, dan SDN VII Kecamatan Jombang, Senin (13/7). (Nizar Solihin/Fauzan Dardiri/Bayu Mulyana)