Hari Pertama Operasi Zebra di Banten, 1.631 Kendaraan Terjaring Razia

0
104
Operasi Zebra di kompleks Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang.

SERANG – Hari pertama Operasi Zebra, Rabu (1/11), Polda Banten merazia 1.631 kendaraan bermotor dari sejumlah lokasi razia di Provinsi Banten.

Kabag Bid Opsnal Ditlantas Polda Banten AKBP Hamdani menjelaskan, dari 1.631 kendaraan yang terkena razia, 1.004 ditetapkan kena tilang, sedangkan 627 lainnya hanya teguran.

“Rata-rata pelanggarannya perlengkapan, surat-surat juga ada, kaya tidak ada SIM,” kata Hamdan kepada awak media di sela-sela operasi zebra di gerbang masuk Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Kota Serang, Kamis (2/11).

Dijelaskan Hamdan, untuk beberapa pengendara yang menambah aksesori , pihaknya melakukan teguran dan penindakan berupa penyitaan. “Misalnya ada yang pake rotator, penyitaannya kita suruh lepas atau ditilang,” ujarnya.

Sementara pada hari kedua di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, lanjut Hamdan, ada ratusan kendaraan bermotor yang terjaring razia. Namun ia belum bisa memaparkan jenis pelanggarannya.

Selama dua minggu ke depan Polda Banten beserta Polres akan menggelar razia kendaraan bermotor di sejumlah ruas jalan di wilayah hukum Polda Banten.

Kabid Humas Polda Banten AKBP Zaenudin menjelaskan, razia kendaraan dilakukan dalam giat Operasi Zebra dari 1 sampai 14 November 2017.

“Tujuannya adalah agar masyarakat patuh hukum dalam berlalu lintas dan untuk menekan tingkat kecelakaan di jalan raya,” kata Zaenudin kepada Radar Banten Online melalui pesan WhatsApp, Kamis (2/11).

Zaenudin berharap dengan adanya kegiatan tersebut ketertiban lalulintas akan semakin terbangun dan angka kecelakaan di jalan raya di Banten semakin menurun. (Bayu Mulyana/coffeamdchococake@gmail.com)