Hari Pertama Pendaftaran Bacaleg, Tak Ada Parpol yang Datang

Parpol Masih Sibuk Pemberkasan

SERANG – Kekhawatiran KPU Banten terkait masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) dilakukan parpol di akhir waktu pendaftaran terbukti. Itu lantaran pada hari pertama masa pendaftaran, Rabu (4/7), semua parpol di Provinsi Banten kompak tidak ada yang datang ke kantor KPU.

Ketua KPU Banten Wahyul Furqon mengatakan, KPU Banten dan kabupaten kota telah membuka pendaftaran bakal caleg mulai kemarin hingga 17 Juli 2018. Namun, pada hari pertama hingga pukul 16.00 WIB belum juga ada parpol yang mendaftar. “Biasanya parpol mendaftar jelang akhir masa pendaftaran, tapi kami harapkan besok (hari ini-red) mulai ada yang mendaftar,” kata Wahyul kepada Radar Banten, kemarin.

Ia menduga, parpol masih sibuk mengurus persyaratan bakal caleg. Padahal, pendaftaran para caleg tersebut diurus langsung pengurus DPD/DPW di tingkat provinsi. “Proses pendaftaran akan dilakukan melalui dua prosedur. Yaitu, pendaftaran manual dengan membawa berkas ke kantor KPU dan dengan meng-input berkas yang diunggah ke dalam website KPU. Nanti yang di-input itu syarat pencalonan dan syarat calon di sistem kami (Silon), jadi mereka itu mudahnya tinggal download (unduh) nanti mereka tinggal isi. Makanya, mempermudahkan itu sebenarnya,” ungkapnya.

“Untuk mengantisipasi semua parpol daftar di hari terakhir pendaftaran, KPU akan memperpanjang jam pendaftaran sampai pukul 24.00 WIB pada 17 Juli nanti,” sambung Wahyul.

Menurut Ketua Divisi Teknis KPU Banten Masudi, pihaknya optimistis satu atau dua hari ke depan sudah ada parpol yang mendaftarkan bakal caleg-nya ke KPU. “Hari pertama semuanya belum ada yang mendaftar, tidak hanya di KPU Banten, tapi juga di KPU kabupaten kota se-Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Partai Golkar Provinsi Banten Bahrul Ulum mengatakan, partainya dalam waktu dekat segera mendaftarkan bakal caleg untuk DPRD Banten dan DPRD kabupaten kota ke KPU. “Saat ini kami masih melengkapi pemberkasan, nanti diinfokan kalau mau daftar ke KPU,” katanya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP Banten Muhlis mengaku, partainya masih menyempurnakan semua berkas bakal caleg dari PDIP. “Rencananya, kami mendaftar serentak di KPU Banten dan delapan kabupaten kota, tunggu saja dalam waktu dekat ini,” katanya.

Muhlis menambahkan, partainya telah melakukan penjaringan dan penyaringan yang ketat terhadap bakal calon legislatif (bacaleg) dari PDIP, baik yang ditugaskan di DPRD Provinsi maupun DPRD kabupaten kota. “Kami tidak sembarangan dalam menetapkan bakal caleg. Itu salah satu strategi kami untuk mempertahankan kemenangan. Semua bakal caleg PDIP harus berkontribusi positif terhadap raihan suara partai. Alhamdulillah, elektabilitas PDIP sejauh ini masih yang tertinggi, sinergis dengan elektabilitas Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Sementara itu, hari pertama pendaftaran caleg di Kota Cilegon tidak ada satupun yang mendaftar ke kantor KPU Kota Cilegon. Padahal, KPU telah menyiapkan segala hal untuk menyambut para calon peserta Pileg 2019 ini.

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi membenarkan hal tersebut. Menurutnya hari pertama pendaftaran Caleg tidak mendapatkan respon dari partai manapun. “Belum ada pendaftar,” ujar Irfan kepada Radar Banten, Rabu (4/7).

Pantauan Radar Banten di kantor KPU Kota Cilegon, di ruangan khusus pendaftaran Caleg, hanya terlihat sejumlah petugas dari KPU Kota Cilegon yang siap dengan laptop dan sejumlah berkas serta selembaran tentang tahapan pendaftaran Caleg. Untuk mengisi waktu kosong sambil menunggu pendaftar, sejumlah petugas nampak asik ngobrol, ada juga yang duduk santai di sofa. (Deni S-Bayu M/RBG)