Hari Pertama Ribuan Pengunjung Padati Banten Indie Clothing

0
710 views

SERANG – Hari pertama Banten Indie Clothing (BIC) digelar, Rabu (11/12), langsung diserbu ribuan pengunjung. Keramaian mulai terasa sejak sore hari. Meski sempat diguyur hujan, para pengunjung tetap bergeming.

Kegiatan yang digelar di Alun-alun Barat Kota Serang tersebut bakal berlangsung hingga Minggu (11-15/12).

Informasi yang dihimpun dari Ketua PIC BIC, Iip Midun, jumlah kunjungan terus menyemut sejak sore hari. Kunjungan semakin membludak selepas magrib. “Sampai pukul delapan ini sudah 10.000 lebih pengunjung. Informasi dari petugas jaga di pintu Utara dan Selatan, jumlahnya sudah di atas 10.000. Untuk pintu utara di atas 4.000 sedangkan di pintu selatan di atas 6.000,” Iip menjelaskan.

Pihaknya berharap, antusias pengunjung bisa berdampak positif pada penjualan seluruh brand yang menjadi peserta BIC. Seperti tahun lalu, lanjut Iip, tahun ini terdapat 100 brand yang menjadi peserta. 70 persen brand lokal, dan sisanya dari luar Banten.

Penasehat BIC Adam Adhary berharap dengan resmi digelarnya acara ini bisa menumbuhkan perputaran ekonomi di Kota Serang.

“Saya berharap perputaran ekonomi di sini bisa meningkat. Event ini diharapkan makin memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Serang,” katanya.

Adam menjelaskan, dampak ekonomi bisa dilihat kasat mata. Dari satu brand saja bisa melibatkan lebih dari 5 sampai 10 orang. Dari mulai tukang jahit, tukang sablon, hingga para SPG yang menjadi penjaga booth. “Sampai siang tadi permintaan SPG terus datang. Kita lumayan kerepotan memenuhinya,” katanya.

Ditanya, target pengunjung, Adam melanjutkan, targetnya diharapkan bisa melampaui gelaran BIC sebelumnya yang mencapai 165.000 dalam 5 harii.
Perputaran uang diprediksi di atas Rp5 miliar. “Sekarang tinggal kita hitung, jika 1 brand transaksi 10 juta semalam, itu artinya mencapai satu miliar dalam sehari. Belum lagi kuliner, tukang parkir dan lain-lain,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdaginkop dan UKM) Kota Serang Yoyo Wicahyono menyambut baik kegiatan BIC, karena akan menyalurkan kreativitas anak-anak muda Kota Serang.

“Anak-anak muda itu dinamis, makannya harus disalurkan idenya, agar positif dan produktif. Kalau masyarakatnya kreatif, kan bisa mengurangi pengangguran. Event seperti ini (BIC, red) secara tidak langsung telah membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran,” kata Yoyo saat membuka acara Rabu sore (11/12). (Ken Supriyono)