Hari Pertama: Syafrudin Cek Trondol, Subadri Jalin Silaturahmi

Walikota Serang Syafrudin memantau kondisi terowongan Trondol, Kamis (6/12). Mengurai kemacetan di lokasi itu menjadi salah satu program 100 hari kerja Syafrudin-Subadri.

SERANG – Di hari pertama menjabat sebagai Walikota Serang Syafrudin langsung menghadiri beberapa kegiatan dan turun langsung mengecek Terowongan Trondol, Kecamatan Serang, Kota Serang yang kerap macet. Sementara itu, Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin masih menerima tamu di kediamannya di Lingkungan Bogeg, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang.

Kamis (6/12) pukul 07.00 WIB, Syafrudin langsung menghadiri acara pengukuhan peningkatan tipe Polda Banten di Mapolda Banten. Setelah itu, sekira pukul 10.30 WIB, ia  memberikan arahan sekaligus membuka acara bimbingan teknis penyuluhan program keluarga berencana (KB) bagi kader Bina Keluarga Balita (BKB) se Kota Serang yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang di gedung PKPRI. Kegiatan itu merupakan agenda perdana Syafrudin ke organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai Walikota Serang. Usai membuka acara, Syafrudin mewujudkan program 100 hari kerjanya yakni mengurai kemacetan di Terowongan Trondol.

Ia mengatakan, program ini menjadi prioritas karena dari tahun ke tahun kemacetan di Terowongan Trondol tak pernah dapat terurai. Bahkan, dengan bertambahnya jumlah kendaraan, kemacetan semakin parah. Sebagai langkah awal, Pemkot Serang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang membuat pos jaga Aje Kendor yang akan ditempati para petugas Dishub untuk mengatur lalu lintas. Dengan adanya pos jaga itu, petugas harus stand by dan berjaga.

Selain itu, Syafrudin mengatakan, Pemkot juga akan membuat jalan alternatif. “Kendaraan yang dari arah barat (perumahan-red) dibelokkan ke perumahan TMI (Taman Mutiara Indah-red) baru kemudian belok ke arah terowongan,” ujar Syafrudin didampingi Inspektur Kota Serang Kosasih saat meninjau terowongan Trondol, Kamis (6/12). Dengan begitu, kendaraan tidak memotong arus di depan terowongan. Harapannya, kemacetan dapat berkurang. Namun, kendaraan yang berasal dari terowongan dapat belok kiri langsung ke arah perumahan.

Kata dia, alternatif jalan itu memang sempat dilakukan beberapa waktu dan memang mendapatkan penolakan dari warga karena jalan berdebu. Namun, pada RAPBD tahun depan, Pemkot sudah menganggarkan pembetonan jalan alternatif. Sembari menunggu proses berjalan, Pemkot melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Serang akan melakukan pemeliharaan jalan bulan ini.

Selain menyiapkan jalan alternatif, mantan Kepala Dishub Kota Serang ini juga mengatakan akan menempatkan petugas di kawasan tersebut agar tertib. Selain itu, frontage yang menghubungkan Trondol dengan Unyur juga akan diselesaikan. Saat ini, pembangunan jalan itu belum rampung lantaran menunggu izin dari Kementerian Perhubungan RI. “Kami akan tempuh proses perizinan,” terang Syafrudin.

Ia mengatakan, untuk rencana jangka panjang, pihaknya akan berkoordinasi dengan PT Marga Mandalasakti (MMS). Apalagi, Kota Serang semakin berkembang. “Kalau dibiarkan tidak habis-habis macetnya. Mudah-mudahan ada solusi, misalnya flyover,” ujarnya.

Kepala Seksi Pengendalian dan Pembinaan LAJ Dishub Kota Serang Bambang Riyadi mengatakan, ada lima pos jaga Aje Kendor yang dipasang. Selain itu terowongan Trondol, pos itu juga dipasang di Kaligandu, Cilampang, Cipocokjaya, dan Kebaharan. Pemasangan itu dilakukan karena lokasi tersebut rawan kemacetan. “Pos itu juga bisa dipindah sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Kata dia, petugas Dishub akan stand by setiap hari, kecuali di hari Minggu karena lalu lintas di hari itu tidak padat seperti hari-hari kerja lainnya.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengaku masih menerima tamu dan silaturahmi di kediamannya. Ia berencana akan mulai efektif mengantor Senin (10/12) besok. Apalagi, saat ini, ia juga tengah mempersiapkan hajatan khitanan putranya. “Lagi nyiapin buat khitanan anak juga. Senin (10/12) nanti baru aktif,” tuturnya.

Kemarin malam, Pemkot juga menggelar tasyakuran pelantikan Syafrudin-Subadri di halaman Puspemkot Serang. Kegiatan itu terbuka bagi seluruh masyarakat. Dalam kegiatan yang diisi ceramah itu juga disediakan berbagai hidangan makanan untuk tamu yang datang. (Rostinah/RBG)