Hasil Penataan Lingkungan Warga RT 01 Kubangkemiri Perlu Dirawat

SERANG – Hasil gotong royong warga saat menghadapi penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 tidak bisa diabaikan. Karenanya, warga RT 01 RW 05, Lingkungan Kubangkemiri, Kelurahan Sukawana, Kecamatan Serang, masih disibukkan dengan merawat hasil kerja kerasnya tersebut.

Penataan lanjutan di RT 01 untuk menghadapi penilaian tahap dua, Agustus nanti, baru akan dilakukan pada pertengahan Juli 2020. “Kami tidak lanjutkan sekarang. Khawatir rusak sebelum penilaian, apalagi pengecatan, nanti keburu pudar. Sekarang, paling memasang ban bekas sebagai hiasan sama memelihara penghijauan yang sudah ada dulu,” kata Ketua RT 01 Maspad pada Selasa (23/6).

Menurutnya, penghijauan di lingkungannya butuh perhatian khusus. Pasalnya, hewan ternak jenis kambing di perkampungan ini dibiarkan berkeliaran oleh pemiliknya. Sudah ada beberapa tanaman di dalam yang dibuang karena mati setelah dimakan kambing.

“Saya, lebih mending tumbuhan dimakan kerbau dibandingkan dimakan kambing. Kalau dimakan kerbau mah (tanaman-red) masih bisa hidup,” tukas Maspad.

Pemuda RT 01 bernama Basir membenarkan bahwa secara bertahap, warga di RT-nya melakukan pemagaran dan pemasangan ban bekas sebagai penghias lingkungan. “Jadi, untuk penilaian kedua nanti kami tinggal fokus pengecatan. Kalau pengecatan dimulai sekarang, kami khawatir ketika penjurian dilakukan, catnya sudah pudar,” jelasnya. “Kalau untuk penghijauan, sekarang belum dikeluarkan dulu. Warga menyimpannya (tanaman-red) di halaman rumah masing-masing supaya tidak dimakan kambing. Ketika penataan mulai dilanjutkan, tanaman untuk penghijauan itu akan dikeluarkan lagi dan ditata,” tambah Basir. (rio/don)