Hati-hati, Akun Facebook Subadri Usuludin Minta Pulsa

SERANG – Akun Facebook bernama Subadri Usuludin dengan foto profil Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin meminta pulsa kepada sejumlah orang melalui WhatsApp.

Hal itu diungkapkan akun Instagram resmi Subadri Ushuludin @subadriushuludinofficial. Dalam akun itu, Subadri mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Serang dan sekitarnya untuk berhati-hati. “Harap berhati-hati dengan akun Facebook yang menyerupai akun resmi saya,” tulis Subadri.

Mantan ketua DPRD Kota Serang itu mengaku, ia tidak pernah meminta uang tunai atau pulsa. Atas kejadian itu, ia sudah memerintahkan Diskominfo Kota Serang untuk menyelidiki dan dilakukan pemblokiran terhadap akun yang menyerupai akun resminya.

Kejadian itu merupakan kali keduanya. Sebelumnya, ada juga akun palsu Subadri yang meminta sejumlah uang kepada beberapa orang termasuk pejabat Pemkot Serang.

Kepala Diskominfo Kota Serang W Hari Pamungkas mengatakan, sudah menindaklanjuti perintah Subadri. Pihaknya sudah memperingatkan kepada yang bersangkutan untuk merubah akun paling lama 3×24 jam. “Untuk kembali ke akunnya dan tidak mengatasnamakan orang lain tanpa seizin Pemkot Serang,” tegasnya.

Hari juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Facebook. Apabila ada yang dirugikan maka yang bersangkutan akan dituntut secara hukum.
Kata dia, setelah diteliti, akun itu tidak meng-hack akun Subadri, tapi merubah tampilan akun yang bersangkutan menjadi profil Subadri yang mengenakan pakaian resmi kepala daerah. Sedangkan isi akun itu adalah kegiatan pribadi pemilik akun yang bersangkutan.

Hari mengungkapkan, sejauh ini, sudah ada empat akun yang menyerupai Subadri. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati. “Kami juga menginformasikan kepada masyarakat melalui akun resmi Pemkot dan media sosial resmi kami terkait peringatan agar tidak tertipu terhadap akun-akun tidak resmi,” tegasnya.

Untuk membedakan akun resmi dan tidak, ia menerangkan, masyarakat dapat melihat tanda centang biru ofisial. “Kalau tidak ada centang atau ceklis biru berarti bukan akun resmi ofisial,” urai Hari. (Rostinah)