Haul Bapak Pers, Jurnalis Galang Dana Citorek

SERANG – Jurnalis yang tergabung dalam Journalist Lecture menggalang dana untuk korban banjir bandang Citorek. Penggalangan dana ini dilaksanakan secara spontan saat pelaksanaan haul ke-100 tahun Bapak Pers Nasional Tirto Adhi Soerjo di halaman Perpusda Banten, Sabtu (7/12).

Hasil penggalangan dana diserahkan kepada perwakilan mahasiswa Citorek, Kabupaten Lebak yang ikut serta dalam acara tersebut. Dana akan disalurkan kepada korban yang terkena banjir.

Perwakilan mahasiswa Citorek Kidul, Husni Adam, menyampaikan rasa terima kasih atas rasa kemanusiaan yang ditunjukkan kawan-kawan Journalist Lecture. “Saya mewakili masyarakat Citorek Kidul mengucapkan terima kasih kepada panitia dan hadirin yang sudah menyumbangkan hartanya,” katanya.

Penggalangan dana dilakukan selama acara berlangsung. Haul diisi dengan berbagai acara. Mulai dari orasi kebudayaan yang disampaikan sejarawan Muhidin M Dahlan dan cicit Tirto, Okky Tirto. Lalu pembacaan puisi oleh M Rois Rinaldi, penyair muda Banten yang meraih penghargaan tokoh sastrawan Asia pada 2017. Tidak hanya Rois, Ketua DPRD Banten Andra Soni dan Kapolresta Serang Kota Edhi Cahyono juga ikut menyumbang puisi.

Selain itu, teater cermin monolog dari teater monolog Lesbumi ikut meramaikan acara. Termasuk persembahan musik dari Sandekala Band dan aktivis mahasiswa yang hadir.

Panitia acara juga memberikan penghargaan kepada delapan tokoh publik di Banten sebagai sahabat Journalist Lecture. Mereka antara lain Walikota Serang Syafrudin, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dan Kapolres Serang AKBP Edhy Cahyono. Kemudian Danrem 064 Maulana Yusuf Kolonel Inf Windiyatno, Ketua DPRD Banten Andra Soni, anggota DPRD Provinsi Banten Encop Sofia, anggota DPRD Kota Serang Pujiyanto, dan mantan bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman.

Walikota Syafrudin yang hadir malam itu mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, Tirto sosok yang perlu menjadi teladan jurnalis muda. “Pak Tirto ini seorang penggagas jurnalis. Salah satu pejuang, bahkan pahlawan nasional yang menurunkan ilmunya kepada kita, sehingga ada para jurnalis di tengah-tengah masyarakat dan pemerintah saat ini,” kata Syafrudin.

Ketua DPRD Banten Andra Soni mengaku turut berbangga hati saat menyaksikan kegiatan tersebut. “Saya mendapatkan pencerahan bahwa kita punya tokoh pers, Pak Raden Mas Tirto, dan luar biasa. Bahwa keberadaan pers adalah upaya untuk membangun opini umum, saya sebagai DPRD banyak terbantu oleh pers, baik itu kritikan maupun masukan dan lain-lain,” ujarnya. (ken/alt/ags)