Helm Bau? Cuci Saja!

Foto : Otosia

Helm memang komponen penting bagi pengendara motor. Selain menghindarkan kepala dari panas juga hujan, helem juga melindungi saat benturan terjadi pada kecelakaan. Namun ternyata masih banyak yang belum care dengan kebersihan helem. Padahal kenyamanan helem sangat menentukan keselamatan berkendara.

Solusinya adalah mencuci helm. Tidak tahu caranya atau malas? Santai. Jasa cuci helem saat ini bertebaran di mana-mana.

 

Kenapa Harus Mencuci Helm?

Kotoran dan keringat bisa dengan mudah menempel di dalam helem setiap saat. Apalagi jika helm sering dipakai. Pencucian ini dimaksudkan agar kesehatan pengguna helm tetap terjaga. Lantas adakah waktu mencuci helm berkala yang paling tepat?

Nah, untuk masalah ini, setiap pengendara motor dan pemilik helm bebas menentukan kapan akan dicuci. Namun, sebaiknya dilakukan saat pekan ketiga setiap bulan. Dengan kata lain, singkatnya pencucian dilakukan pada saat mendekati akhir bulan.

 

Cuci Sendiri

Jika enggan membersihkan helm di gerai cuci helm karena terkait faktor tarif, Anda bisa mencucinya sendiri. Tarif rata-rata untuk satu kali cuci helm di gerai cuci helm Rp20.000 hingga Rp 30.000. Angka tersebut jauh di atas harga untuk satu kali membersihkan motor, kisaran Rp10.00-Rp15.000.
Kadang, mencuci helm berkala dengan memanfaatkan tempat pencucian helm ada kalanya tidak sepenuhnya Anda butuhkan. Alasan lainnya, karena kebanyakan tempat pencucian helm menggunakan oven sebagai alat pengeringan bagian dalam helm.

Oven yang digunakan sebagai alat pengeringan dapat mengempiskan busa bagian dalam helm. Apalagi bila Anda melakukan pencucian helm di tempat cuci helm yang melakukan pencucian tidak kurang dari lima menit.

Bila Anda ingin melakukan pencucian helm di rumah, pengeringan bisa dilakukan dengan cara menjemur di tempat yang panas atau terkena angin. Supaya ada sirkulasi udara.

 

Hindari Hardryer

Mencuci helm berkala sebaiknya dilakukan dengan bijak. Hindari penggunaan hairdryer dengan berlebihan. Karena oven dan hairdryer dapat menghasilkan tingkat panas yang tinggi sehingga memungkinkan merusak busa helm.

Bagaimana? Anda sudah tidak malas lagi kan mencuci helm? (Hilal Ahmad)