Hiasan Pot dan Jalan Dicat Ulang di RT 03 Sepangkelapa

0
657 views

TAKTAKAN – Persiapan warga RT 03 RW 01, Lingkungan Sepangkelapa, Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, semakin matang. Warga mengecat ulang pot tanaman dari ban bekas dan lukisan di jalan. Mereka berharap, warna-warni di kampungnya tetap cerah ketika tim juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 datang.

Peremajaan hasil penataan RT 03 disaksikan Radar Banten pada Senin (24/8) malam. Belasan pemuda dan bapak-bapak melakukannya di depan gapura RT mereka. “Kalau enggak dicat ulang, kayaknya enggak menarik,” kata Ketua RT 03 Samudi.

Ada sekira 100 hiasan berupa pot tanaman dari ban bekas yang dicat ulang. Mulai dari pot di dekat gapura hingga pot di bagian dalam permukiman. Gapura juga dilengkapi lampu hias agar kerlapkerlip lampu menjadikan jampung ini tetap berwarna ketika malam hari.

“Kita sengaja ngecat malam biar sekalian meronda,” terang Samudi. Soalnya, lanjut Samudi, para pemuda di RT-nya sibuk bekerja ketika siang hari.

Gotong royong malam itu dilakukan warga dengan membuat pagar sampai membangun pos ronda. “Kalau siang mah urusan ibu-ibu lah yang nyapu dan jaga tanaman biar enggak dimakan kambing,” ujarnya.

Kekurangan RT ini, diakui Samudi, adalah legalitas kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum. Peralatan keamanan di pos ronda juga belum dilengkapi.

“Kita baru bikin spanduk dokumentasi foto gotong royong,” jelasnya.

Salah satu pemuda RT 03 Andriansyah mengaku sudah mengajak para pemuda untuk membantu pengurus RT melengkapi persyaratan administrasi kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum. “Besok (hari ini-red) kita langsung urus ke kelurahan,” tegasnya.

Lurah Sepang Haeruji menilai, kekompakan warga RT 03 dan lima RT lain di wilayahnya yang ikut LRLA patut diacungi jempol. “Harus yakin pasti juara. Kelurahan Sepang bakal jadi yang terbaik,” tandasnya. (mg06/don)