Hijau dan Punya Kelompok Sadar Hukum

0
709 views

SERANG – Hijau dan punya kelompok penggerak sadar hukum. Dua hal inilah yang tengah diupayakan oleh warga Lingkungan Sukajadi, RT 04 RW 11, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, untuk menghadapi RT lain di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Saat ini, warga RT 04 telah memajang pot tanaman di pekarangan rumah masing-masing. Lingkungan paling hijau di LRLA menjadi target warga RT 04. “Alhamdulillah, kita gotong royong setiap Minggu,” terang Ketua RT 04 Ashari kepada Radar Banten, Jumat (24/4).

Soal kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di RT-nya, Ashari mengatakan, sempat vakum. Namun, sejak RT 04 diikutkan LRLA Kota Serang 2020, warga kembali semangat melaksanakan ronda malam di pos ronda. “Makanya, kita rencanakan bentuk kelompok sadar hukum,” tegasnya.

Ashari mengaku sudah berkoordinasi dengan para pemuda RT 04 untuk pembentukan kelompok penggerak sadar hukum. Pemuda di RT ini disebutkan antusias dan siap menjadi garda terdepan mengamankan lingkungannya. Tentu, dengan bimbingan bhabinkamtibmas dan babinsa.

Menurutnya, LRLA Kota Serang 2020 mampu memberikan banyak hal positif bagi warga. Selain untuk kebersihan dan keamanan lingkungan, lomba yang menjadi salah satu program unggulan Pemkot Serang ini juga menjadi memotivasi warganya untuk menghias lingkungan jadi indah. “Semoga kita jadi juara dan terus aktif menjaga lingkungan,” harapnya.

Lurah Kagungan H Sobirin tidak memungkiri jika LRLA merupakan lomba yang mampu mengembalikan semangat gotong royong warga yang mulai punah. “Ini program Pemkot Serang yang luar biasa. Tentu, kami menyambut dengan antusias,” katanya.

Sobirin menargetkan, dari enam RT yang ia daftarkan ikut LRLA, semuanya masuk nominasi juara. Soalnya, semangat dan kekompakan warga layak mendapat penghargaan. “Yakin pasti juara. Yang penting mah aje kendor,” pungkasnya. (mg06/don)