Tim rukyatul hilal Kanwil Kemenag Banten di Anyer.

SERANG – Tim rukyat hilal Kantor Wilayah Kementerian  Agama Provinsi Banten menyatakan hilal tidak terlihat di titik pengamatan tim rukyat. Pengamatan sendiri dilakukan di Puri Retno 1, Anyer, Kabupaten Serang, Minggu (5/6/2016) sore.

Menurut Ketua Tim Rukyat Hilal Kanwil Kemenag Provinsi Banten Amin, dari pantauan yang dilakukan, hilal tidak terlihat karena tertutup awan tebal.

“Hasil pantauan tim rukyat, terbenam matahari jam 17:48, dan bulan 18:08, kesimpulannya, hilal tidak bisa dilihat, dengan kondisi cuaca berawan. Semua Kanwil harus melaporkan, baik yang kelihatan maupun yang tidak,” ujar Amin saat ditemui di lokasi pantauan.

Amin pun menambahkan, setelah selesai pemantauan ini, tim yang terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, ormas, Badan Meteorologi Klamatologi dan Geopisika (BMKG) langsung melaporkan hasil pantauan ke pemerintah pusat.

“Penetapan besok satu ramadan atau tidak, kami serahkan pada pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Observasi BMKG Alim Perdana Kusuma menjelaskan, awan tebal disebabkan penguapan air laut yang naik ke udara. “Akhirnya menghalangi jarak pandang pengamat terhadap penglihatan hilal,” katanya. (Bayu)