Hindari Golput Melalui Pemilihan Ketua RW di Cikepuh

0
516 views

SERANG – Menghindari adanya golput pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017, ribuan warga lingkungan RW 006, Kampung Cikepuh, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang mengikuti sebuah Pemilihan Ketua RW 006 secara demokrasi. Itu pun baru pertama kalinya dilakukan oleh RW 006, karena untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam setiap pilkada. Hal tersebut di sampaikan oleh ketua pelaksana Pemilihan Ketua RW 006, Muhamad Urib Saman saat ditemui di lokasi pemilihan, Jumat (6/1).

Lanjut Urib, dalam pelaksanaan pemilihan Ketua RW 006 terdapat tiga kandidat. Nomor urut 1 Samsuri, nomor urut 2 Hamsani dan nomor urut 3 Nais.

Semuanya dilakukan secara demokrasi, masih dikatakan Urib, hal tersebut pun berdasarkan dari pemikiran RT di lingkungan RW 006, dengan data pemilih sebanyak 1.500 orang. “Alhamdulillah semuanya melakukan pemilihan (ketua) RW 006 tersebut, dan tidak ada yang tak hadir dalam pemilihan RW ini. Ini salah satu bukti bahwa warga Cikepuh siap untuk mensukseskan Pilkada Banten,” katanya.

Lanjut Urib, pemilihan Ketua RW di lingkungan Kampung Cikepuh akan rutin dilakukan, supaya masyarakat di sekitar RW 006 mengerti dalam sistem demokrasi. “Biar masyarakat juga nantinya tidak salah memilih dalam menentukan pemimpin daerah. Baik Walikota, Gubernur maupun Presiden. Agar suara-suara masyarakat dapat didengar,” jelasnya.

Pantauan di lokasi, warga sangat antusias dalam pemilihan Ketua RW 006 itu. Bahkan di setiap sudut jalan hingga ke tempat pemilihan, banyak tertempel poster tiga calon Ketua RW.

Bahkan dalam pemilihan Ketua RW tersebut, dihadiri oleh Camat Serang Anis S Salam yang menjadi juri dalam penilaian.

Infomasi yang didapat, pemilihan RW tersebut pun dimenangkan oleh nomor urut 1 Samsuri, dengan perolehan nilai tertinggi sebanyak 800 pemilih. (AdeF)

milih_ketua_rw_7jan17_2