Hindari Motor Truk Terjun ke Sungai

0
849 views

Kecelakaan di titik black spot di jalur Malang-Surabaya, tepatnya di Desa Parerejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan kembali terjadi. Jumat (21/7) lalu sekitar pukul 21.30, sebuah truk kontainer yang bernopol L 9008 UE terjun ke sungai yang berada di samping kiri jalan.

Seluruh badan truk bermuatan eternit itu melintang diatas sungai. Bahkan, boks truk kontainer itu terbalik. Beruntung dalam insiden itu tidak ada korban jiwa. Sopir truk kontainer yakni Atim Jaban, 49, Dusun Godong, Desa Genukwatu, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, hanya mengalami luka ringan akibat benturan.

Kecelakaan itu terjadi saat Atim Jaban mengendarai truk kontainer dari arah Malang menuju Surabaya. Sesampainya di lokasi kejadian, ada seorang pemotor yang terjatuh akibat licinnya jalan di kawasan tersebut.

Kontan, hal itu lantas mengejutkan Atim. Ia pun berusaha menghindari pemotor tersebut. “Maksudnya tadi menghindari pemotor agar tak tertabrak truk saya,” ujar Atim saat ditemui di lokasi. Apesnya, justru dialah yang mengalami kecelakaan.

Atim yang membanting setang kemudi ke arah kiri malah membuat truknya terperosok ke dasar sungai sedalam enam meter itu. Ditambah lagi dengan kondisi jalan yang menurun, membuat Atim kesulitan mengendalikan laju kendaraannya yang kian meluncur kencang.

Akibat dari kecelakaan itu terdapat kerugian material. “Kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan tunggal ini ditaksir mencapai Rp 5 juta,” ujar Iptu Marti, Kanilaka Satlantas Polres Pasuruan.

Ditambahkannya, proses evakuasi terhadap truk kontainer yang melintang di sungai tersebut belum dilakukan. Itu lantaran pihaknya mempertimbangkan arus lalu lintas yang tengah padat saat memasuki akhir pekan saat ini.

“Proses evakuasi belum dilakukan. Mengingat kepadatan arus lalu lintas saat akhir pekan, dikhawatirkan proses evakuasi justru memicu kemacetan,” pungkas Marti. (tom)

(br/tom/fun/JPR)