HLHD, Pemkot Cilegon Ingatkan Industri Jaga Lingkungan

0
591 views
Ilustrasi

CILEGON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia tingkat Kota Cilegon yang berlangsung di halaman Kantor Walikota Cilegon, Rabu (7/9/2018) bertema ‘Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar Untuk Kehidupan’.

Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi mengatakan bukan hanya Pemerintah dan masyarakat, tetapi perusahaan dan industri harus tergerak dalam menjaga lingkungan hidup dengan memperhatikan kegiatan perusahaannya terhadap dampak ke lingkungan. “Saya mengharapkan kepada perusahaan untuk bisa menjaga lingkungan hidup, terutama kepada pencemaran-pencemaran dampak dari perusahaannya,” ujar Iman.

Lebih lanjut Iman menjelaskan, Indonesia merupakan rumah dari 17 persen total spesies yang ada di dunia, karena itu keanekaragamannya selain menjadi sumber kebanggan juga menghadirkan tantangan yang rumit untuk mengelolanya dengan cara yang bertanggung jawab. “Kita harus memperhatikan keseimbangan alam dengan adil bukan hanya untuk generasi sekarang, tetapi juga untuk generasi yang akan datang,” ungkapnya.

Terkait dengan permasalahan lingkungan saat ini, Iman masih menitik beratkan perhatian dari seluruh lapisan masyarakat. “Permasalahan lingkungan hanya dapat diatasi dengan keterlibatan seluruh Masyarakat. Masyarakat berada di posisi yang sangat strategis, baik sebagai potensi sumber masalah, yang dapat kita tekan, kurangi, juga sebagai potensi solusi yang harus kita dorong, oleh karena itu partisipasi Masyarakat menjadi sangat penting dalam setiap upaya pengelolaan lingkungan hidup,” tutu r dia.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Cilegon, Epud Syaipudin mengatakan peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini mengundang 300 peserta dengan beragam rangkaian acara. “Kita ada Seminar lingkungan hidup, pameran edukasi lingkungan hidup, pameran hasil karya yang terbuat dari produk limbah dan diolah yang memiliki kreatifitas untuk edukasi, dan juga acara pentas seni,” paparnya. (Riko)