HMI MPO: Pancasila Jangan Hanya Menjadi Pajangan

0
1875

LEBAK – Sejumlah aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) Cabang Lebak menggelar aksi menyalakan lilin di depan pendopo Pemkab Lebak. Aksi tersebut sebagai bentuk refleksi peringatan hari lahir pancasila 1 Juni 2021.

Koordinator aksi, Wahyu mengatakan, HMI MPO menggelar aksi menyalakan lilin dan renungan malam pada Selasa dini hari. Aksi ini merupakan bentuk keprihatinan, karena nilai-nilai pancasila belum sepenuhnya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya, banyak sekali terjadi pelanggaran yang mengangkangi nilai-nilai pancasila dan semangat persatuan.

“Pancasila jangan hanya menjadi pajangan. Nilai-nilai pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat,” kata Wahyu kepada Radar Banten, Selasa (1/6).

Menurutnya, Pancasila bisa menyatukan semua suku, ras, dan agama di Indonesia. Untuk itu, sebagai anak bangsa HMI MPO Cabang Lebak mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk bahu membahu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupam sehari-hari. Sehingga, bangsa yang besar ini menjadi maju dan rakyatnya sejahtera.

“Tapi, kalau pancasila hanya menjadi pajangan maka negeri ini tidak akan pernah maju. Karena, bangsa ini akan terus dirongrong isu perpecahan,” tegasnya.(Mastur)