Hockey Cilegon Optimistis Kawinkan Medali Emas di Porprov Banten

0
119
Atlet hockey Cilegon yang disiapkan tampil di Porprov V Banten 2018 secara intensif menjalani latihan di Lapangan Bonakarta, Cilegon. Foto: Andre/Radar Banten

CILEGON-Tim hockey putra dan putri Kota Cilegon semakin matang jelang menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 yang akan digelar November mendatang di Kabupaten Tangerang. Hal ini semakin membuat tim hockey Kota Baja optimistis mengawinkan medali emas di pesta olahraga terbesar Banten tersebut.

Kepala Pelatih Hoki Cilegon Diar Eriyanto mengatakan, dari hari ke hari kemampuan dan kualitas tim hockey putra dan putri Cilegon terus menunjukkan peningkatan. “Pola permainan semakin jelas dan kompak. Secara individu, kualitas atlet juga terus meningkat. Tidak hanya teknik, fisik atlet juga terus menunjukkan peningkatan yang luar biasa,” kata Diar disela memimpin jalannya latihan tim hoki Cilegon di Lapangan Bonakarta, Cilegon, Senin (4/6) sore.

Diar menambahkan, saat ini timnya sedang menjalani pemusatan pelatihan kota (pelatkot) Cilegon. Dan fokus latihan untuk memperkuat teknik penyerangan dan pertahanan. “Semua menu latihan yang kami sajikan mampu diserap dengan baik. Untuk itu, kami semakin optimistis mampu mencapai target di porprov nanti,” imbuhnya.

Target yang diusung pihaknya tidak muluk-muluk. Ia mengaku bahwa kualitas atlet hockey Cilegon saat ini jauh lebih bagus dari kabupaten kota lainnya. “Terutama untuk tim putri. Tim putri kami sudah sering menyabet gelar di berbagai kejuaraan. Dengan prestasi tersebut, kami berani memasang target tinggi di porprov nanti. Sedangkan untuk tim putra, kans kami juga tetap besar untuk meraih medali emas. Paling pesaingnya datang dari tim hockey Kota Tangerang. Tapi Insya Allah masih bisa diatasi,” tegas Diar.

Untuk mengukur kemampuan tim, pihaknya berencana akan menggelar laga uji coba dengan beberapa tim hockey lokal dan luar daerah. “Saat ini kami tengah membicarakan waktu yang tepat untuk menggelar laga uji coba. Karena tim pelatih butuh bahan evaluasi untuk mematangkan tim sebelum tampil di event,” pungkas Diar.

Sementara itu, nada optimistis juga dilontarkan Ketua Pengcab Federasi Hoki Indonesia (FHI) Cilegon Ida Sudiah. Ia bahkan menyatakan bahwa untuk tim putri sudah hampir bisa dipastikan meraih medali emas. “Paling-paling di sektor putra kami harus bekerja sedikit keras agar bisa meraih medali emas. Namun untuk tim putri, Insya Allah tidak ada halangan untuk kami meraih medali emas,” ucapnya.

Untuk memuluskan capaian target, pihaknya harus lebih waspada terhadap kualitas tim Kota Tangerang. “Dari pengalaman, tim Kota Tangerang baik tim putra atau putri selalu menjadi pesaing terberat di setiap kejuaraan. Terakhir di kejuaraan daerah (Kejurda) Hockey Indoor Banten 2017, tim putra dan tim putri kami bertemu tim Kota Tangerang di final. Meski kami sukses menang dan meraih medali emas, tapi kami tetap harus mewaspadai lebih Kota Tangerang,” tandas Ida. (dre/sr/ags)