Homestay Jogja Sebagai Pilihan Akomodasi Wisata Para Backpacker

0
88
Tugu Jogja (visitingjogja.com)

JOGJA menjadi salah satu kota tujuan wisata yang populer. Daya tarik keindahan alam dan budaya membuat Kota Jogja banyak dikunjungi wisatawan. Keunikan lain ada pada kesempatan untuk berwisata dengan anggaran yang minim. Transportasi dan akomodasi murah berkat banyaknya homestay Jogja membuat para backpacker sering memilih kota ini sebagai tujuan petualangan.

Homestay Sebagai Pilihan Sarana Akomodasi

Pilihan homestay Jogja kini dapat dikatakan sangat banyak dan bisa ditemukan di berbagai tempat. Jika dahulu kebanyakan homestay hanya ditemui di daerah pelosok dimana hotel tidak ada; kini homestay murah di area perkotaan Jogja juga telah menjadi sesuatu yang lazim. Promosi wisata yang gencar dan upaya meningkatkan pendapatan daerah melalui pariwisata menjadi alasan berkembangnya bisnis homestay di kota gudeg ini, kemudahan memesan homestay juga sudah bisa dinikmati lewat filter pilihan akomodasi Traveloka saat mencari hotel. Banyaknya pilihan tidak serta merta membuat wisatawan dapat memilih dengan mudah; terlebih lagi jika ada kebutuhan tertentu seperti harga yang murah. Ada beberapa hal penting yang sebaiknya mendapat perhatian sebelum memutuskan untuk menginap di sebuah homestay.

Pertimbangan Lokasi Homestay

Memilih lokasi homestay yang strategis dan sesuai dengan rencana kegiatan kunjungan merupakan hal yang sangat penting. Pilihan ini bisa sangat berkaitan dengan peluang menghemat lebih banyak pengeluaran; terutama untuk biaya transportasi. Memilih homestay di sekitar lokasi daerah yang ingin dijelajahi jelas lebih menguntungkan jika dibandingkan memilih homestay yang letaknya jauh.

Lokasi homestay yang dekat dengan tujuan kunjungan bisa sangat menghemat pengeluaran biaya transportasi. Terlebih lagi jika lokasi tujuan dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Tentu hal ini lebih menyenangkan bagi para backpacker yang biasanya mengutamakan petualangan dan berhemat saat bepergian.

Suasana Homestay

Faktor suasana sebaiknya juga menjadi pertimbangan yang diutamakan. Suasana yang nyaman dan menyenangkan akan membuat kunjungan wisata jadi lebih menyenangkan. Homestay Jogja yang nyaman juga dapat menjadi tempat beristirahat yang ideal untuk memulihkan energi setelah menjelajah dan sebelum kembali menjelajah Jogja. Memilih homestay dengan suasana yang kurang nyaman bisa jadi mengganggu istirahat yang ingin dilakukan.

Faktor Kebersihan

Salah satu hal penting yang bisa diamati sebelum memutuskan menginap di sebuah homestay adalah faktor kebersihan. Ada baiknya untuk memilih homestay yang terlihat bersih dan terawat. Hal ini bisa sangat mempengaruhi kenyamanan ketika tinggal di homestay tersebut. Faktor kebersihan juga berkaitan erat dengan kesehatan; sesuatu yang sangat penting dan harus dijaga kapanpun serta dimanapun.

Selain faktor kebersihan yang bisa diamati secara visual; ada baiknya untuk mencoba melihat kondisi air yang ada. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan; salah satunya adalah mencoba mencuci tangan di kran yang ada untuk menilai kondisi dan debit air yang ada. Air yang bersih tetapi memiliki debit yang kecil bisa jadi masalah tersendiri bagi siapapun.

Faktor Pelayanan

Berbeda dengan pelayanan di sebuah hotel; homestay merupakan sebuah konsep akomodasi dimana penghuni berbagi ruang dengan pemilik rumah. Sikap yang ramah menjadi hal yang sangat penting dari bagian memilih homestay yang nyaman. Interaksi antara penghuni homestay dan pemilik rumah bisa terjadi kapanpun dan dimana saja; berinteraksi dengan seseorang yang ramah tentu akan jauh lebih menyenangkan dibandingkan dengan orang yang tidak ramah.

Kesan pertama saat berkomunikasi dapat menjadi saat penting untuk menilai keramahan dan kualitas pelayanan dari sebuah homestay yang akan ditinggali. Selain itu; mencari informasi dengan panduan review yang pernah ditulis sesama wisatawan yang pernah menghuni homestay Jogja juga dapat menjadi cara praktis untuk menghindari memilih homestay dengan pemilik yang kurang ramah.

Faktor Harga

Salah satu alasan wisatawan menginap di homestay adalah harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan menginap di hotel. Jika memang faktor harga dijadikan pertimbangan utama; tidak salah jika wisatawan membandingkan harga dari beberapa homestay sebelum memutuskan untuk menginap di salah satunya. Menanyakan tarif menginap di sebuah homestay merupakan hak calon konsumen; sehingga tidak perlu segan untuk melakukan langkah tersebut.

Ada banyak homestay Jogja dengan harga yang sangat terjangkau di berbagai wilayah. Melakukan negosiasi harga juga dapat menjadi pilihan untuk dicoba; terutama jika ada rencana untuk tinggal dalam jangka waktu yang cukup lama. Meminta bantuan kenalan atau koneksi yang mengenal pemilik homestay untuk melakukan negosiasi harga bisa menjadi pilihan yang lebih mudah.