Honda Targetkan Produksi 4,5 Juta Motor

Astra Honda Motor
Karyawan membawa Honda Beat usai diproduksi di PT AHM Plant Cikarang beberapa waktu lalu. (Foto: Susi K)

SERANGPada 2016 ini, PT Astra Honda Motor (AHM) menargetkan memproduksi sepeda motor sebanyak 4,5 juta unit. Produksi ini berasal dari empat pabrik perakitan yang dimiliki PT AHM. Ini disampaikan General Manager PT AHM Plant Cikarang, Dedi Sutriadi beberapa waktu lalu.

“Kami menargetkan sama seperti tahun kemarin, walaupun kapasitas bisa mencapai 5,1 juta unit per tahun,” katanya, seperti dilansir Harian Radar Banten.

Keempat pabrik milik PT AHM ini memiliki target produksi yang berbeda setiap tahun. Misalnya untuk AHM Plant Sunter 1.025.000, AHM Plant Pengangsaan 1.050.000 unit, AHM Plant Cikarang 2.400.000 unit, dan Plant Karawang 1.600.000 unit.

“Saat ini, Plant Cikarang masih yang terbanyak memproduksi sepeda motor khusus matik. Untuk Plant Karawang masih akan terus dilakukan perluasan,” katanya.

Kata dia, PT AHM memproduksi tiga kategori sepeda motor yakni bebek, matik, dan sport. Unit yang paling banyak diproduksi yakni matik. “Paling banyak diproduksi Beat sekitar 60 persen. Selain, di Plant Cikarang, Beat juga diproduksi Plant Karawang dan Sunter,” katanya.

Meskipun target yang produksi sama seperti tahun lalu, jika pertumbuhan ekonomi pada tahun ini lebih baik, PT AHM siap memproduksi lebih banyak karena memiliki kapasitas 5,1 juta unit. “Optimis ekonomi bisa lebih baik,” katanya.

Dengan produksi yang mencapai 4,5 juta per tahun, PT AHM didukung dengan 29 main dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, ada 1817 dealer outlets, 3646 service counter AHASS, dan 7652 outlet part shop. Sementara market share Honda mencapai 68 persen.

Untuk komponen sepeda motor Honda 98 persen menggunakan produk lokal yang diproduksi sendiri dan juga bekerja sama dengan supplier yang mencapai lebih dari 100. Sementara 2 persen komponen diimport dari Jepang dan Thailand. (RB/skn/ags)