Hotel di Pulau Umang Terbakar, Pengunjung Panik

Asap hitam membumbung ke udara saat hotel di Pulau Umang terbakar akibat korsleting lisrik pada genset, Selasa (18/12). FOTO: BPBD KAB. PANDEGLANG FOR RADAR BANTEN

HOTEL milik PT Griya Sukses Mandiri di kawasan Pulau Umang, Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, terbakar, Selasa (18/12) pukul 10.45 WIB. Api diduga berasal dari korsleting listrik di genset. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu, tetapi pemilik hotel mengalami kerugian diperkirakan hingga mencapai Rp4 miliar.

“Betul tadi pagi (kemarin-red) telah terjadi kebakaran hotel di kawasan wisata Pulau Umang, akibat genset korsleting,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang Endan Permana kepada Radar Banten, kemarin (18/12).

Endan menerangkan, informasi dari saksi, kebakaran di tempat wisata Umang itu akibat korsleting listrik genset menjalar ke ruang anak buah kapal (ABK) dan restoran. “Sehingga, menyebabkan kebakaran yang besar di bagian utama hotel atau resort. Pada waktu kejadian jumlah orang yang berada di kawasan itu sebanyak 17 orang. Terdiri dari pengunjung sebanyak delapan orang dan karyawan sembilan orang. Alhamdulillah semuanya selamat,” terangnya.

Endan meminta masyarakat agar tetap waspada dengan musibah kebakaran yang berpotensi dari korsleting listrik. “Saya harap warga tetap waspada dengan potensi kebakaran. Kebakaran bisa terjadi dalam kondisi cuaca apa saja, kemarau maupun hujan dan angin kencang,” katanya.

Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Mamat Rahmat membenarkan kebakaran di salah satu hotel di Pulau Umang. Kejadian itu masih jauh dari kawasan TNUK. “Iya, ada kebakaran, tapi jauh dengan wilayah TNUK dan kondisi TNUK masih aman-aman saja,” katanya. (Herman/RBG)