Hubungan Polri dan Media Tak Terpisahkan

0
1582


SERANG – Kapolda Banten Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Rudy Heriyanto Adi Nugroho menilai hubungan antara Polri dan media tidak terpisahkan. Keduanya memiliki kesamaan tugas khususnya dalam pemberian pelayanan masyarakat.

“Diliat dari pelaksanaan tugas, tugas media dan tugas kepolisian sama, sama-sama memberikan pelayanan kepada masyarakat, Hubungan Polri dengan Media tidak bisa dipisahkan, ” kata Kapolda saat acara silaturahmi antara Polda Banten dengan media yang tergabung dalam Forum Wartawan Polda Banten, Kamis (4/3).

Acara yang berlangsung di Mapolda Banten tersebut dihadiri puluhan wartawan dan sejumlah pejabat utama (PJU) lingkungan Polda Banten. Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalin sinergitas dan penguatan manajemen media yang merupakan salah satu program prioritas Rudy dalam memimpin Polda Banten.

“Kegiatan ini untuk menjalin sinergi dengan rekan-rekan Forum Wartawan Polda Banten sesuai Program Nomor 12 yaitu Penguatan manajemen media antara Polri dan Media, ” kata mantan Kadivkum Polri tersebut.

Dalam sambutannya tersebut, Rudy menganggap awak media merupakan bagian keluarga Polri khususnya Polda Banten. Untuk itu, ia mendukung kerja jurnalistik dalam rangka menyebarkan informasi kepada masyarakat luas.
“Kami tidak akan menghambat pekerjaan rekan-rekan semua, jika memerlukan bahan untuk pemberitaan kami memfasilitasi, kami jawab langsung,” kata jenderal polisi bintang dua itu.

Media lanjut Rudy, juga mempunyai peran yang amat penting dalam rangka mendukung dan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. “Media adalah mitra Polri yang sangat strategis dalam wujudkan harkamtibmas. Kehadiran media sangat perlu untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Banten, “kata Rudy.

Rudy mengatakan kegiatan silaturahmi tersebut akan terus berjalan ke depan. Harapannya, hubungan antara media dan Polri akan semakin terjalin erat. ” kegiatan silaturahmi ini akan terus berjalan ke depan antara Polri dan media yang ada di wilayah hukum Polda Banten, ” ujar Rudy.

Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Edy Sumardi menambahkan rekan-rekan media selama ini telah berkontribusi dan menjalin sinergitas yang sangat baik dengan Polda Banten.
“Sejak saya di Polda Banten rekan-rekan wartawan selalu bersama. Bahkan di lokasi bencana, kami kepolisian selalu membantu media dalam mencari dan membantu memberikan informasi untuk disebarluaskan kepada masyarakat, ” kata Edy.

Edy berharap hubungan harmonis yang ini sudah terjalin dapat lebih erat dan lebih baik lagi. “Tentunya kami berharap hubungan harmonis ini dapat terjalin lebih baik lagi kedepannya serta dapat lebih kuat lagi dalam manajemen media, ” tutur Edy. (Fahmi Sa’i)