Hujan Deras, Satu Rumah di Panyaungan Jaya Rusak

0
345 views
Pemilik rumah dibantu warga membuat tiang penahan untuk menyangga atap rumah yang rusak agar tidak ambruk di Kampung Panyaungan Masjid, Desa Panyaungan Jaya, Kecamatan Ciomas, Minggu (12/1).

CIOMAS – Hujan deras disertai angin kencang kembali meneror wilayah Kabupaten Serang. Kali ini wilayah Kecamatan Ciomas yang diguyur hujan sejak Sabtu (11/1), menyebabkan satu rumah permanen di Kampung Panyaungan Masjid, Desa Panyaungan Jaya, Kecamatan Ciomas rusak.

Pantauan Radar Banten, Minggu (12/1) siang di lokasi kejadian, rumah korban tinggal kerangka bambu. Serpihan genting berserakan di lantai. Pemilik rumah dan warga sibuk membersihkan puing-puing genting.

Kepala Desa Panyaungan Jaya Ahmad Supiyani mengatakan, wilayahnya yang berlokasi di dataran tinggi rawan terjadi bencana alam. Terutama memasuki musim hujan. “Hari ini satu rumah warga yang rusak akibat hujan deras,” ungkap Supiyani kepada Radar Banten.

Dijelaskan Supiyani, rumah rusak milik Anwariyah (59), ibu rumah tangga dua anak. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang soal kejadian tersebut. “Saya juga sudah meninjau rumah rusak itu,” katanya.

Kata Supiyani, hujan di wilayahnya tak kunjung reda dalam dua hari terakhir. Hujan juga disertai angin kencang. Rumah rusak terjadi sekira pukul 04.15 WIB. “Genting rumah terbang terbawa angin. Enggak ada korban jiwa sih, masih aman terkendali,” tegasnya.

Sementara Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengaku, sudah mengirim personel untuk melakukan validasi data rumah yang terkena bencana. “Kondisi rumahnya rusak ringan,” ungkap Nana.

Nana mengimbau warga agar tetap waspada dan berhati-hati selama musim hujan. Ketika curah hujan tinggi seperti saat ini, menurut Nana, warga dan pemerintah desa harus melakukan tindakan preventif untuk meminimalkan munculnya korban. “Kalau rumahnya memang sudah mau ambruk, sebaiknya jangan ditempati lagi,” imbaunya. (mg06/zai/ags)