Tembok penahan tanah (TPT) Jembatan Rancagawe longsor.

LEBAK – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kalanganyar dan sekitarnya mengakibatkan Sungai Cikatapis di Kampung Rancagawe, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, meluap. Kondisi tersebut mengakibatkan tembok penahan tanah (TPT) Jembatan Rancagawe longsor dengan kedalaman kurang lebih dua meter dan lebar empat meter.

Bawi, warga Rancagawe Bawi, menuturkan, TPT jembatan Rancagawe longsor pada Kamis (16/5) sekira pukul 16.00 WIB. Saat kejadian sedang hujan deras dan air sungai meluap.
“Kejadiannya saya enggak tahu pasti jam berapa. Perkiraan antara pukul 16.00 – 17.00 WIB. Saat kejadian kami sedang tahlil,” kata Bawi kepada Radar Banten di lokasi kejadian, Jumat (17/5).

Insiden itu membuat pipa PDAM Tirta Multatuli rusak berat sehingga ratusan pelanggan tidak bisa menikmati air bersih sejak kemarin. Untuk itu dia meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) segera menangani TPT jembatan dan bahu jalan yang longsor. Jika tidak segera diperbaiki, dia khawatir kembali longsor susulan yang dapat menggerus badan Jalan Maulana Hasanudin.

“Kami juga meminta kepada manajemen PDAM Tirta Multatuli untuk segera turun ke lapangan memperbaiki saluran pipa yang rusak akibat longsor. Bahkan air dari PDAM terus mengalir dan mengikis tanah yang ada di lokasi longsor,” paparnya.(Mastur)