Hulman, Membangun Desa Bojong Pandan yang Lebih Maju

0
1719

SERANG – Pada Pilkades tahun ini, Hulman kembali mencalonkan diri untuk menjadi kepala desa. Ia bertekad untuk menjadikan Desa Bojong Pandan menjadi desa yang lebih maju lagi.

Pada periode pertama 2015-2021 Hulman telah berhasil meletakan pondasi dasar dan sudah dilaksanakan berbagai program, baik program pembangunan baik pembangunan Infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan program lainnya yang Pro Rakyat.

Sehingga tekad Hulman kembali maju untuk menjadi Kepala Desa Bojong pandan di periode kedua. Yakni, untuk melanjutkan pembangunan dan program-program yang pro rakyat demi terus mewujudkan Desa Bojongpandan yang maju, berdikari dan bermartabat guna menyongsong dan menghadapi Era Bojong Pandan Good Government (konsep pemerintahan yang bersih, baik, dan berwibawa).

Keberhasilan yang sudah ditorehkan Hulman saat memimpin Desa Bojong Pandan di peridoe pertama, di antaranya dengan membangun Balai Desa Bojong Pandan.

Sejak awal berdiri Desa Bojong Pandan, baru di masa kepemimpinan Hulman Desa Bojong pandan mempunyai balai desa. Itu tak terlepas dari berkat jerih payah Hulman beserta tokoh masyarakat desa lainnya. Kemudian, ada warga dermawan yang rela menghibahkan tanahnya untuk pembangunan Desa Bojongpandan yang dibangun tidak menggunakan dana desa, akan tetapi melalui hibah dari Pemkab Serang.

Lalu, pada masa kepemimpinan Hulman juga sudah terbangun 150 rumah layak huni. Yakni, yang berasal dari Pemkab Serang maupun dari Pemerintah Pusat. Pengentasan rumah tidak layak huni (RTLH), memang menjadi salah satu fokus utama Hulman untuk memberantas kemiskinan di Desa Bojong Pandan.

Di bidang infrastruktur, Hulman juga sudah berhasil mendorong peningkatan jalan desa sepanjang 2 Kilometer menjadi jalan kabupaten. Sehingga, akses jalan itu dapat dibangun dengan sistem betonisasi oleh Pemkab Serang.

Lalu, pembangunan jalan desa juga sudah dilakukan. Saat ini, kondisi jalan desa sudah 80 persen dalam kondisi baik. Dalam pembangunan jalan desa, Hulman selalu mengedepankan kualitas pembangunan dengan ketebalan minimal 20 centimeter.

“Di bidang kesehatan, kami juga mengaktifkan kembali fasilitas kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kemudian juga kita ada beberapa program kepemudaan yang sudah kita lakukan,” kata Hulman.

Di bawah kepemimpinan Hulman, Desa Bojong Pandan juga ikut serta dalam kegiatan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) sejak Tahun 2019 dan 2020 yang digagas oleh Pemkab Serang, bekerjasama dengan Radar Banten, Kaploda Banten dan Korem 064 MY.

Lalu, di bidang keagamaan juga terbilang aktif. Yakni, melalui pengajian desa, pengajian rutin di masyarakat dan ikut membantu serta terjun langsung dalam penanggulangan bencana.

Atas segala program yang sudah dilakukan, Hulman berniat melanjutkan pembangunan Desa Bojong Pandan di peridoe keduanya. Supaya, Desa Bojong Pandan dapat menjadi desa yang lebih maju lagi.

Berikut target program pembangunan yang ditarget Hulman pada periode kedua:

  • Sinergitas program desa, kabupaten & Pusat
    Pengembangan perekonomian melalui BUMDes “Pandan Jaya”.
  • Pengendalian Pertumbuhan Ekonomi dan pengentasan kemiskinan melalui konsep 3P (Perubahan Pola Pikir, pemwilayahan Komoditas, dan petik Olah).
  • Penguatan dan pengembangan Sarana prasarana olahraga.
  • Mendorong Kegiatan Kepemudaan dan Olahraga .
  • Menuntaskan pembangunan infrastruktur.
  • Meningkatkan kembali Kesehatan masyarakat.
  • Menanamkan semangat kegotong-royongan.
  • Program pemberdayaan masyarakat lainnya.(Abdul Rozak)