HUT Cilegon, Helldy Janji Realisasikan Delapan dari 10 Janji Kampanye Tahun Ini

0
1753

CILEGON – Hari ini Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memeringati hari jadi Kota Cilegon ke 22 tahun.

Dalam rangkaian acara riung mumpulung, Walikota Cilegon Helldy Agustian menjelaskan jika di tahun ini akan ada delapan dari 10 Janji kampanye yang akan direalisasikan.

Helldy menjelaskan, ada 10 janji kampanye yang menjadi program unggulan pemerintahanya, yaitu 5 ribu beasiswa full sarjana, 25 ribu penyerapan tenaga kerja, delapan puskesmas dengan fasilitas utilitas Ndan SDM yang handal, delapan fasilitas hobi dan komunitas, 25 persen kenaikan tunjangan kinerja daerah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Rp100 juta per tahun dana lingkungan RW, Rp10 juta pertahun dana stimulan operasional Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), 50 persen kenaikan honor guru honorer dan madrasah, 1 juta honor RT/RW perbulan, dan 43 ruang terbuka publik.

“Realisasi 10 program unggulan tersebut harus disesuaikan dengan berbagai regulasi dan sinkronisasi dengan pendanaan APBD tahun 2021,” ujar Helldy, Selasa (27/4).

Karena itu, tahun ini, delapan janji politik yang direalisasikan. Lima akan direalisasikan menggunakan APBD 2021, tiga lainnya di APBD Perubahan.

Lima program yang akan direalisasikan pertama yaitu program Rp1 juta perbulan honor RT/RW, dimana mulai direalisasikan bulan April tahun 2021.

“Peningkatan tersebut terjadi demi peningkatan kinerja RT RW dalam peningkatan pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan di unit terkecil sehingga memiliki wilayah yang lengkap responsif terhadap keluhan warga dan cepat tanggap dengan penyelesaian masalah di lingkungannya,” ujar Helldy.

Program kedua yaitu Rp100 juta per tahun dana lingkungan RW. Program itu akan disinkronisasikan dengan program dana pembangunan wilayah kelurahan (DPWKel).

Helldy meyakini program tersebut dapat menjawab pemenuhan sarana prasarana lokal yang berkualitas serta mendorong kinerja lembaga kemasyarakatan yang lebih baik.

Adapun program ketiga yang akan dilaksanakan yaitu pembangunan 43 ruang terbuka publik yang dimulai dengan pembangunan Taman Kelurahan Kedalaman.

Keempat yaitu program delapan fasilitas hobi dan komunitas yang akan dimulai dengan pembangunan fasilitas hobi dan komunitas panjat tebing di alun-alun kota Cilegon. Selanjutnya fasilitas hobi dan komunitas ini akan disiapkan atau disediakan di seluruh Kecamatan baik di taman Kecamatan yang telah eksis ataupun yang akan dibangun.

“Kelima program 25 ribu penyerapan tenaga kerja melalui program pelatihan dan pemagangan tenaga kerja bantuan modal usaha serta pendampingan atau inkubasi usaha pada periode 100 hari kerja,” kata Helldy.

Ia melanjutkan, pelatihan ketenagakerjaan akan diberikan kepada 127 orang peserta meliputi pelatihan komputer, las forklift, alat berat, bordir menjahit, dan otomotif, serta 40 orang melalui professional training berkolaborasi dengan fakultas teknik Untirta dan Anyer Merak Cilegon Chemical Manufaktur Association.

Adapun tiga program yang akan direalisasikan menggunakan APBD perubahan 2021 yaitu, pertama beasiswa full sarjana, kedua delapan puskesmas dengan fasilitas utilitas Ndan SDM yang handal, dan 25 persen kenaikan tunjangan kinerja daerah yang akan disertai dengan penempatan ASN berbasis profesionalisme dan peningkatan sistem akuntabilitas kinerja di tataran lembaga maupun individu.

“Sedangkan dua program lainnya yaitu program 50 persen kenaikan honor guru madrasah dan program 10 juta pertahun dana stimulan operasional DKM akan direalisasikan pada Tahun 2022 karena kedua program ini terkait dengan regulasi pemberian hibah atau bansos yang mengharuskan penganggaran rencana setahun sebelumnya,” papar Helldy. (Bayu Mulyana)