HUT Kota Serang Tanpa Walikota

SERANG – Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-11 Kota Serang di akhir kepemimpinan Walikota Tb Haerul Jaman dan Wakil Walikota Sulhi akan terasa berbeda. Pada Sidang Paripurna Istimewa hari ini tidak dihadiri oleh Walikota Serang dan Sekda Kota Serang Tb Urip Henus karena keduanya menunaikan ibadah haji.

Meski begitu, untuk memeriahkan HUT ke-11 Kota Serang, Pemkot Serang menggelar beberapa kegiatan yang dilakukan dari tahun ke tahun, seperti pawai budaya berkolaborasi dengan kirab obor Asian Games 2018 dan HUT ke-73 RI, ziarah ke makam pahlawan dan makam mantan walikota Serang. Selain itu juga diisi kegiatan Serang Fair.

Wakil Walikota Serang Sulhi menyatakan tidak masalah pada perayaan HUT ke-11 tanpa dihadiri Walikota dan Sekretaris Daerah. Kata dia, untuk memimpin apel dan rapat paripurna istimewa di DPRD, walikota sudah menugaskan dirinya. “Jadi itu (ketidakhadiran Walikota dan Sekda-red) tidak masalah. Sudah mendelegasikan kepada saya untuk menggantikan Pak Wali dalam sambutannya. Sekda digantikan oleh Asisten I,” ujarnya kepada Radar Banten via telepon selular, Kamis (9/9).

Ia menjelaskan, secara teknis persiapan HUT Kota Serang sudah matang. Tinggal memperingati acara puncak yang akan dilaksanakan di DPRD Kota Serang. Acara dimulai dengan apel ASN terlebih dahulu di lapangan Puspemkot Serang  dan kemudian menuju gedung DPRD. “Persiapan memang sudah selesai. Tinggal pelaksanaan apel dan sidang paripurna istimewa di gedung DPRD,” terangnya.

Kata dia, di tahun terakhir kepemimpinan Tb Haerul Jaman-Sulhi ini, memiliki tugas melalui APBD 2018 untuk menyelesaikan janji-janji politik kepada masyarakat. Ada beberapa hal yang sudah dilakukan melalui APBD 2018, antara lain pembangunan gedung rumah sakit daerah dan rencana pembangunan masjid raya. “Keduanya (RSUD dan masjid) bisa selesai pada APBD 2018,” katanya.

Di usia ke-11 ini ia berharap masyarakatnya sejahtera dari sisi ekonomi, sosial, pemberdayaan masyarakat, pemerintah semakin baik dari tidak transparan menjadi transparan. Kemudian dari sisi politik juga kondusif, pendidikan politik meningkat, dan tidak terjadi konflik sosial. “Ini bertujuan agar masyarakat kota serang menjadi masyarakat yang madani, saling hormat menghormati, saling menghargai, dan juga kita,” terangnya.

Sebelumnya, Asisten Daerah (Asda) II Pemkot Serang sekaligus Ketua Pelaksana HUT Kota serang Poppy Nopriadi mengatakan, rangkaian HUT Kota Serang hanya akan diikuti wakil walikota. “Karena pak wali absen atau tidak ada. Jadi, ya Pak Wakil, karena kan Pak Wali sedang naik haji,” pungkasnya. (Fauzan D/RBG)