HUT Lebak Diwarnai Unjuk Rasa Kumala  

0
133

LEBAK – Hari Ulang Tahun ke-189 Kabupaten Lebak diwarnai unjuk rasa Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) di depan kantor DPRD Kabupaten Lebak, Sabtu (2/12). Dalam aksinya Kumala meminta Pemkab Lebak melakukan pemerataan tenaga pendidikan, memaksimalkan tenaga kerja putra daerah, tingkatkan kesejahteraan masyarakat, dan tuntutan lainnya.

Ugi Ismawan, koordiantor aksi, mengatakan, pada hari ulang tahun Kabupaten Lebak yang ke-189 ini, umur Lebak terbilang cukup tua, namun Kabupaten Lebak masih di katakan daerah tertinggal. Pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan menjadi tolok ukur kemajuan daerah.

“Tenaga pendidik di Lebak ini tidak merata, karena pendidik bertumpuk di wilayah kota, sehingga mengakibatkan dampak buruk bagi wilayah pelosok,” ujarnya saat melakukan orasi di depan kantor DPRD Kabupaten Lebak, Sabtu (2/12).

Selain itu, menurutnya, banyak tenaga kerja lokal yang tidak digunakan perusahaan yang ada di Kabupaten Lebak, sehingga berimbas pada pengangguran yang makin menumpuk. Juga bisa menambah angka kemiskinan.

“Kami harap pemerintah daerah untuk lebih serius lagi dalam menjalankan program-programnya agar masyarakat lebih sejahtera, pendidikan maupun perekonomian maju dan merata. Awasilah pembangunan infrastruktur jalan yang kami nilai masih asal-asalan,” katanya.

Ketua Umum Kumala Imam Nurhakim mengatakan, pada momen ini Kumala mendesak pemerintah agar melakukan pemerataan penempatan tenaga pendidik, maksimalkan tenaga kerja putra daerah, stop pembebasan lahan, tingkatkan kualitas pembangunan dan fungsikan tugas pengawasan DPRD Lebak agar pembangunan di Lebak lebih baik.

“Persoalan semua itu, di hari jadi Lebak yang ke-189 ini adalah kado terpahit yang harus ditelan oleh masyarakat Kabupaten Lebak,” tegasnya. (Omat/twokhe@gmail.com).