HUT TNI, Pelabuhan Merak Tetap Beroperasi

0
112
Pelabuhan Merak (Ilustrasi).

CILEGON – PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak memastikan bahwa Pelabuhan Merak tetap akan beroperasi seperti biasa meski ada HUT ke-72 TNI di Pelabuhan Indah Kiat, Pulomerak, Kota Cilegon, Kamis (5/10). Namun, khusus untuk besok hanya akan mengoperasikan tiga dermaga.

Manager Usaha Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Rudi Mahmudi menjelaskna, dermaga yang tidak dioperasikan lantaran digunakan untuk mendukung pelaksanaan HUT TNI.
“Dermaga empat kita akan digunakan sebagai sterilisasi berbagi area. Karena helinya RI 2 (Wapres Jusuf Kalla-red) itu ada di dermaga empat. Kemudian dermaga 6 akan menjadi tempat sandar kapal TNI yang membawa 1.200 siswa berprestasi dari seluruh Indonesia,” ujar Rudi saat dihubungi Radar Banten Online melalui telepon selular, Rabu (4/10).

Ia menjelaskan, dermaga yang dioperasikan Rabu besok yakni dermaga 1,2, dan 3. Dermaga 5 hingga saat ini masih dalam proses perbaikan. Ia meyakinkan meski hanya mengoperasikan tiga dermaga, pelayanan kepada pengguna jasa tetap akan berjalan lancar dan normal.

“Kita besok itu akan mengoperasikan 18 kapal. Kita upayakan tidak akan ada penumpukan penumpang, tidak ada. Yang pasti seluruh kendaraan yang telah masuk area pelabuhan akan kita layani,” katanya.

Besok, arus lalu lintas menuju Pelabuhan Merak diprediksi akan padat merayap lantaran tingginya animo masyarakat yang hendak menyaksikan pelaksanaan peringatan HUT TNI. Kemudian juga pihak kepolisian dan Dishub Cilegon akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas dan menutup ruas jalan Merak-Suralaya (sebaliknya) di depan Hotel Soni dan KSKP Merak, dan di depan markas Dit Polair di Suralaya.

Mengenai penutupan jalan, Rudi mengakui akan berdampak pada jumlah penumpang kendaraan. “Iya itu pasti berdampak. Untuk sikonnya seperti apa kita belum berani mempersentasekan, tapi kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan hari-hari sebelumnya,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)