IAIN Teken MoU dengan Polda Banten Soal Pelatihan Satpam

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

SERANG – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten Fauzul Iman menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama Kapolda Banten Brigjen Polisi Boy Rafli Amar. Menurut Rektor IAIN Banten Fauzul Imaan, nota kesepahaman ini salah satu upaya lembaga IAIN untuk menciptakan kampus yang lebih kondusif.

Menurut Fauzul ada beberapa harapan pihak kampus setelah terjalinnya kerjasama ini. Misalnya dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Seperti meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) keamanan dengan memberikan pelatihan kepada Satpam kampus. “Untuk menjaga keamanan kampus, dibutuhkan SDM yang mumpuni. Salah satu peningkatan SDM satpam adalah dengan adanya pelatihan yang dilakukan oleh Polda Banten kepada satpam kampus,” ujar Fauzul, Senin (18/1/2016).

Fauzul pun berharap, dengan adanya MOU ini kampus IAIN bisa bersih dari aksi radikal dan penyalahgunaan narkoba. “Menyikapi hal tersebut kami membutuhkan peran dan fungsi kepolisian. Sehingga kampus bersih dari aksi radikalisme dan penyalahgunaan narkotika,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Banten Brigjen Polisi Boy Rafli Amar mengatakan, nota kesepahaman ini merupakan salah satu upaya kepolisian untuk memberikan pelayanan kepada lembaga pendidikan, dalam hal ini IAIN. “Tapi, kesepahaman ini akan berjalan dengan baik bila ada komunikasi yang baik pula antara Kepolisian dengan IAIN. Artinya, pengamanan bisa diciptakan jika ada komunikasi yang baik. Sehingga akan tercipta tertib hukum dan tertib sosial,” ujarnya. (Bayu)