IBA Banten Bersiap Ikuti Kejurnas Bela Diri

Ketua Pengprov IBA Banten Syafrudin (tiga dari kiri) foto bersama Sekum IBA Banten Sohari Hambali (dua dari kiri) dan sejumlah pengurus, Kamis (15/8). Foto Sohari for Radar Banten

SERANG – Pengurus Provinsi (Pengprov) Indonesia Bela Diri Amatir (IBA) Banten bersiap mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bela Diri Semi-Pro dan Exhibition. IBA Banten mengincar hasil terbaik pada kejuaraan yang akan berlangsung di GOR Ciracas, Jakarta, akhir Agustus 2019.

IBA Banten optimistis atletnya mampu bersaing. Meski kepengurusan IBA Banten baru disahkan melalui surat keputusan (SK) dari IBA Pusat nomor 004/PP.IBA/SK/III/2019. “Setelah menerima SK kami langsung bergerak untuk menyusun program serta mempersiapkan atlet untuk mengikuti kejuaraan di Jakarta dalam waktu dekat ini,” kata Ketua Pengprov IBA Banten Syafrudin, Kamis (15/8).

Walikota Serang itu berharap nama-nama yang masuk dalam kepengurusan bisa bergerak cepat untuk bekerja menyatukan visi dan misi organisasi. Utamanya dalam pembinaan atlet. “Kita berharap kepengurusan ini solid untuk membina atlet meraih prestasi. Saya optimistis IBA Banten bisa membawa nama harum olahraga di tingkat nasional. Banten punya banyak potensi,” harap Syafrudin.

Terkait jumlah atlet yang akan diboyong ke Jakarta, Syafrudin mengaku belum melakukan pendataan. Sebab, pencarian informasi mengenai kelas pertandingan yang dibuka masih dilakukan. “Jika memang ada kelas untuk atlet Banten, kita siap terjunkan,” ucap Syafrudin.

Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov IBA Banten, Sohari Hambali menjelaskan, sejauh ini IBA Banten telah menyiapkan tujuh atlet untuk ikut kejuaraan itu. Enam atlet putra dan seorang atlet putri. Peluang tujuh atlet itu diyakini terbuka untuk merebut prestasi.

“Kami terus melihat peluang yang ada, karena untuk apa bawa atlet banyak-banyak kalau belum ada peluang. Jadi, rencananya kita akan bawa tujuh atlet,” ungkap Sohari.

Terkait target yang diembankan ke atlet, Sohari enggan berbicara muluk. Sohari menegaskan, pihaknya hanya meminta atlet berupaya dengan maksimal tanpa memandang remeh lawan yang dihadapi.

“Kalau target kita lihat hasilnya saja nanti. Yang jelas pengurus selalu menekankan agar atlet bisa mempersembahkan yang terbaik untuk berprestasi. Tidak memandang remeh lawan saat bertanding. Itu yang kita harapkan,” kata Sohari. (rbs/nda/ira)